5 Destinasi Wisata Kuil Buddha di Kota Bangkok

Thailand adalah sebuah negara kerajaan yang berada di Asia Tenggara. Negara yang terletak di jazirah Indochina ini merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terpadat ke 22 di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 68 juta jiwa. Kerajaan Thailand merupakan negara monarki konstitusional dengan ibukota di Bangkok yang juga merupakan kota terbesar di Thailand.

Wisata di kota Bangkok cukup terkenal di kalangan turis mancanegara. Hal tersebut  karena wisata ke Bangkok memiliki rute perjalanan dengan harga yang menarik. Selain itu, banyak terdapat paket wisata luar negeri yang menawarkan akomodasi yang lengkap dengan tujuan kota Bangkok.

Destinasi wisata di kota Bangkok cukup beragam, diantaranya bangunan museum, bangunan kediaman keluarga kerajaan, hingga berbagai kuil Buddha yang indah. Bangkok memang terkenal dengan berbagai bangunan kuil Buddha karena mayoritas penduduknya beragama Buddha. Di kota Bangkok yang merupakan ibukota Thailand, ada ratusan kuil Buddha yang disebut Wat dalam bahasa lokal.

Wat di Thailand terkenal dengan keindahannya sehingga menjadi salah satu tujuan wisata. Terlebih di Kota Bangkok yang merupakan ibukota, banyak terdapat Wat atau kuil Buddha megah yang telah dibangun sejak abad ke 17. Berikut adalah beberapa Wat bersejarah yang terkenal di kota Bangkok:

Wat Phra Kaew

Wat Phra Kaew merupakan bangunan kuil Buddha yang berada di area Grand Palace. Bangunan yang terkenal dengan nama Kuil Buddha Zamrud ini merupakan kuil Buddha terpenting di Thailand. Di dalam Wat Phra Kaew terdapat patung Buddha yang merupakan peninggalan Nagasena, seorang biksu dari abad pertama Masehi. Patung Buddha setinggi 45 cm tersebut disebut dengan Buddha Zamrud dan dihiasi emas. Walaupun disebut Buddha Zamrud, arca tersebut terbuat dari giok.

Baca Juga!  Harga Sewa Bus Pariwisata Jakarta

Wat Arun

Wat Arun adalah kuil Buddha yang terletak di distrik Bangkok Yai, kota Bangkok. Kuil ini merupakan salah satu landmark kota Bangkok yang terkenal ramai didatangi wisatawan. Nama Wat Arun diambil dari nama dewa Aruna yang dalam agama Hindu merupakan personifikasi dari sinar merah yang bersinar di ufuk timur atau fajar. Kuil ini dipercaya sebagai tempat berlindung Raja Taksin yang Agung melarikan diri ke Thonburi setelah runtuhnya kerajaan Ayutthaya. 

Wat Pho

Wat Pho merupakan kompleks kuil Buddha yang terletak di area Pulau Rattnakosin di Kota Bangkok. Lokasinya tepat berada di sebelah selatan Grand Palace. Wat Pho dikenal sebagai kuil kerajaan kelas satu dengan grade tertinggi serta sebagai tempat lahirnya pijat Thai tradisional yang terkenal. Selain itu, Wat Pho juga terkenal sebagai tempat penyimpanan koleksi peninggalan agama Buddha terbesar di Thailand. Salah satu koleksi terbesarnya adalah arca Buddha tidur sepanjang 46 meter.

Wat Suthat

Wat Suthat adalah salah satu kuil Buddha yang mulai dibangun pada masa Raja Rama I tahun 1807 Masehi dan selesai pada masa Raja Rama III tahun 1848 Masehi. Kuil ini merupakan kuil kerajaan kelas satu. Di dalam Wat Suthat terdapat arca Buddha yang dikenal dengan nama Phra Sri Sakyamuni yang berasal dari Provinsi Sukhothai. Di dekat Wat Suthat terdapat bangunan bekas pemujaan Dewa Brahma yang disebut dengan Giant Swing.

Wat Saket

Wat Saket merupakan salah satu kuil Buddha tertua di Bangkok yang sebelumnya telah ada sejak era Ayutthaya. Ketika Raja Rama I memindahkan ibukota ke Bangkok, kuil ini dipugar dan direnovasi. Di area Wat Saket terdapat bukit buatan yang dikenal dengan gunung emas atau Phu Khao Thong dalam bahasa Thai.

Baca Juga!  Tips Merencanakan Biaya Menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *