Apa Bedanya Jasa Digital Marketing dengan Creative Agency?

Munculnya iklan online udah membawa dampak jasa digital marketing sebagai tidak benar satu layanan yang paling dicari oleh para pengiklan. Ini menciptakan banyak kebingungan di pada pengiklan berkenaan jenis agensi apa yang kudu mereka menggunakan untuk kampanye mereka.

Jadi apa perbedaan utama pada Agensi Kreatif dan Jasa Digital Marketing? Sebelum kami menjawab pertanyaan ini, mari kami tentukan definisi mereka terlebih dahulu.

Apa definisi Agensi Kreatif?

Agensi Kreatif berfokus terhadap desain dan sering terlibat bersama dengan mitra layaknya konsultan pemasaran iklan untuk sepenuhnya menyebarkan pekerjaan mereka.

Sebagian besar waktu, Agen Kreatif menawarkan layanan desain cetak. Agen Kreatif yang Baik kebanyakan “ahli branding” dan hebat di dalam desain produk. Secara khusus, mereka dikenal untuk mendesain logo, kop surat, kartu nama yang hebat, dan meraih rasa branding yang kohesif secara keseluruhan.Dari faktor struktur perusahaan, Agen Kreatif lebih fokus terhadap tim kreatif daripada strategi pemasaran. Agen Kreatif Besar sering diisi bersama dengan Direktur Kreatif dan desainer grafis.

Apa definisi dari Jasa Digital Marketing?

Jasa digital marketing merupakan perusahaan yang beri tambahan layanan strategis untuk pemasaran di jalur digital. Mereka menawarkan jasa digital marketing yang lengkap dan ter-integrasi kepada klien, seperti:

-Merumuskan strategi dan anggaran ongkos digital marketing secara komprehensif untuk meraih target bisnis client.
-Pemasaran mesin pencari, terhitung branding di search engine.
-Pemasaran terarah di sosial media.
-Pemasaran melalui e-mail.
-Pemasaran kembali melalui orang-orang yang pernah melihat atau berinteraksi bersama dengan iklan.
-Manajemen iklan online secara ter-target.
-Pembuatan web site yang mencukupi syarat untuk pemasaran digital. (tidak seluruh web site mampu dikatakan layak untuk digital marketing.
-Pengukuran dan analisa, serta beri tambahan saran.
-Dan masih banyak lagi, layaknya meng-integrasikan alat pemasaran bersama dengan alat penjualan layaknya sales force dan hub spot.

Pentingnya Jasa Digital Marketing Secara Menyeluruh

Mengapa perlu untuk memahami jasa digital marketing secara menyeluruh? Karena tidak seluruh penyedia jasa pemasaran digital menyediakan fungsi layanan penuh sebagai konsultan dan outsourcing bagian produksi.

Ini bukan berarti hal yang buruk, cuma saja Anda kudu memahami bahwa sebelum akan mencari creative agency, sebaiknya Anda merumuskan pernah rancangan pemasaran digital beserta strateginya terhadap konsultan digital marketing.Banyak pengiklan dan perusahaan perlahan-lahan lebih fokus terhadap periklanan online pas ini. Dengan ratusan juta pengguna internet yang tetap aktif, ini merupakan alasan yang kuat bagi mereka. Akan tetapi, tanpa strategi dan dan konten kreatif, kampanye iklan selanjutnya tidak bakal optimal.

Untuk mendorong poin lebih jauh, survei tahunan oleh APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) terhadap th. 2017, 51% kastemer pilih untuk berbelanja online. Dari penampilan tren, angka selanjutnya bakal terus naik.

Update 2022:

Pandemi COVID-19 udah mengubah tingkah laku penduduk Dunia terhitung Indonesia lebih ke saluran online. Belanja online tentu saja jadi meningkat, ini merupakan momentum bagi perusahaan yang cepat beradaptasi terhadap situasi ini.

Perusahaan sebaiknya menggunakan jasa digital marketing secara menyeluruh atau inegrated digital marketing atau managed digital marketing services. Ini bakal lebih irit 30 – 50% kecuali Anda menggunakan konsultan pemasaran digital ketimbang mendirikan team in-house yang biayanya pada Rp. 45 juta per bulan hingga Rp. 300 juta per bulan.

Inilah sebabnya mengapa pengiklan berubah ke konsultan pemasaran digital untuk beroleh pemberian di dalam hal strategi pemasaran mereka. Periklanan digital tidak cuma memberi Anda pirsawan terbesar, namun terhitung irit biaya, terukur secara real-time, dan mampu ditargetkan untuk pirsawan cocok buyer persona Anda.

Jadi mengapa Anda masih butuh Agensi Kreatif? Yah, masih tersedia sebagian alasan kuat untuk melakukannya.

Manfaat dari Jasa Creative Agency

Agen Kreatif masih menjadi raja di dalam hal desain. Perusahaan-perusahaan ini fokus untuk mengolah desain paling baik untuk merek Anda. Dengan desain yang bagus, ini mampu menjadi keajaiban untuk kampanye Anda.

Membuat konten visual masih menjadi prioritas besar untuk bisnis di Indonesia, ketimbang membawa dampak konten yang meng-edukasi konsumen.Agen kreatif menawarkan akses ke tingkat atas di dalam desain grafis dan spesialis pemasaran offline.

Mereka miliki banyak ilmu dan pengalaman bersama dengan beragam jenis klien dan kebutuhan bisnis. Agen kreatif bakal beri tambahan sudut pandang obyektif di dalam memiliki rencana konten.

Mana yang lebih baik Anda gunakan?

Pada kenyataannya, tersedia kesesatan yang cukup luas. Praktisi pemasaran di Indonesia kebanyakan masih belum memahami pentingnya strategi untuk digital marketing sebelum akan melakukan kegiatan apapun berkenaan pemasaran digital agency jakarta. Mereka condong menghubungi agen kreatif dan menyerahkan sepenuhnya begitu saja.

Untuk perusahaan besar multi nasional, mereka biasanya udah menggunakan konsultan pemasaran digital. Sayangnya, kebanyakan mereka Mengenakan jasa dari perusahaan konsultan digital marketing di luar negeri untuk market di Indonesia, ini blunder yang benar-benar konyol.Pemasaran digital untuk di suatu wilayah bakal lebih dimengerti bersama dengan baik oleh konsultan lokal. Hanya saja, Anda kudu mampu mencari konsultan digital marketing yang kompeten, bukan cuma sebatas menobatkan diri mereka sebagai konsultan digital marketing saja.

Sementara para pimpinan perusahaan memahami untuk mengalihkan anggaran dari iklan off-line ke online, di jalur online mereka cuma terdengar sebentar, tertimpa oleh konten-konten kreatif dari pihak lainnya terhadap linimasa sosial media. Hal ini merupakan gara-gara kenapa banyak perusahaan atau bahkan organisasi pemerintah yang jadi tidak terdengar brand, product atau pencapaiannya.

Pemasaran digital tidak cuma hingga terhadap creative content saja, bakal namun butuh target yang memahami dan strategi yang masuk akal untuk meraih target bisnis.

Namun, desain benar-benar perlu di dalam hal kampanye. Desain yang baik bakal menaikkan efektivitas promosi Anda serta menaikkan merek Anda.

Jadi, untuk melakukan pemasaran digital secara ideal, Anda kudu menggunakan konsultan pemasaran digital dan agen kreatif. Masing-masing miliki spesialisasi, Anda kudu kombinasikan ke-2 jenis jasa selanjutnya untuk lebih optimal di dalam upaya pemasaran digital.

Memilih Agensi Digital Marketing

Anda kudu selektif di dalam pilih digital marketing agency, jangan hingga mereka cuma memahami langkah creative design, ads placement dan social tempat saja.

Terutama untuk di tempat sosial, menjauhkan agensi digital marketing yang menggunakan langkah “Fake Famous” yaitu bersama dengan menggunakan fake follower dan fake engagement. Seperti di film “Fake Famous”, mampu saja Anda sukses menjadi populer bakal namun hal selanjutnya untuk individu atau jalur untuk menjadi influencer. Sedangkan untuk bisnis, ketika para real follower atau kastemer Anda memahami bahwa Anda menggunakan fake follower dan sebagainya, maka pasti kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda menurun.Sebaiknya Anda pilih agensi digital marketing bersama dengan beberapa syarat sebagai berikut:

Berpengalaman di dalam SEO onsite dan offsite

Memahami kualitas website. Ini benar-benar penting, contoh Anda miliki web site e-commerce dan berharap mampu banyak pembelian. Anda beriklan besar-besaran, bakal namun butuh pas yang lama untuk membuka web site Anda dan proses transaksi sulit. Ini bakal menjadi “backfire” terhadap seluruh upaya yang Anda kerahkan. Oleh gara-gara itu benar-benar perlu untuk pilih agensi digital marketing yang memahami soal kualitas website.


Memilki keahlian analitikal. Jika digital agency tidak memahami Google Analytics, sesudah itu apa yang mampu Anda menginginkan dari mereka untuk menaikkan penjualan Anda?. Dalam pemasaran digital benar-benar perlu untuk memahami indikator keberhasilan digital marketing dan seluruh itu melalui Google Analytics.


Jujur dan Komunikatif. Agensi digital marketing merupakan mitra Anda di dalam mengembankan bisnis Anda. Ketidak-jujuran atau tidak transparan merupakan tidak benar satu faktor gagalnya komunikasi, sedang komunikasi yang lancar dan memahami benar-benar diperlukan di dalam urusan apapun. Tentu Anda bakal menjauhkan digital marketing agency yang “tricky”.


Independen. Digital marketing agency kudu miliki kapabilitas diatas biasanya secara profesional di dalam bidang yang tersedia terhadap digital marketing. Mereka bakal berikan panduan paling baik untuk apa yang kudu ditunaikan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Sebagai contoh, ketika Anda idamkan branding di Search Engine, sesudah itu Anda pikir bersama dengan belanja backlink bakal meraih hasil yang maksimal, padahal hal selanjutnya mampu memasang web site bisnis atau merek Anda terhadap risiko yang tinggi, web site Anda mampu di suspend di hasil pencarian Google dengan kata lain terkena penalty. Jika ini terjadi, maka Anda kudu mengulangi dari awal.
Memilih agensi digital marketing mampu menjadi pekerjaan yang menantang. Portfolio segudang perusahaan besar tidak mampu menjadi patokan gara-gara tiap-tiap bisnis unik.

Apa yang mampu Anda jadikan patokan di dalam pilih agensi digital marketing adalah bersama dengan memahami langkah mereka melakukan segala sesuatunya, cocok praktik paling baik atau tidak.

Agensi digital marketing yang memahami kualitas website, otomatis mereka terhitung bakal beri tambahan jasa pembuatan web site cocok praktik terbaik. Sebab, kecuali mereka memahami bersama dengan kualitas website, maka web site mereka sendiri terhitung bakal cepat di akses, mobile friendly, dan terstruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.