Aromaterapi Minyak Atsiri Kulit Jeruk

kulit jeruk

Selain wanginya yang menyegarkan, sabun mandi yang mengandung jeruk dapat memberikan khasiat lain bagi kesehatan yakni sebagai antidepresan dan juga meremajakan kulit. Kulit jeruk menghasilkan minyak yang dapat menjadi antiseptic dan anti inflamasi bagi kulit.

Manfaat Bagi Kesehatan

Sebagai Antiseptic dan Antiinflamasi

Dalam sabun orange yang mengandung minyak jeruk merupakan antiseptic alami yang bisa membantu mencegah sepsis dan tetanus. Selain itu, secara alami juga mengandung antimikroba yang bekerja sebagai desinfektan atau pembersih luka.

Zat Afrodisiak

Sifat afrodisiak yang ada di dalam minyak jeruk dapat muncul saat digunakan secara internal maupun eksternal. Jika rutin menggunakan sabun dengan minyak jeruk, dapat memberikan efek positif terhadap penderita kurangnya libido dan juga disfungsi ereksi.

Detoksifikasi

Vitamin C yang memiliki konsentrasi tinggi pada buah jeruk memiliki sifat detoksifikasi dan sering dijadikan rekomendasi untuk diet. Jika digunakan secara teratur, dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

Anti Depresan

Karena sering dijadikan sebagai aroma terapi, konon minyak jeruk dapat berfungsi sebagai antidepresan, mengurangi stress, dan menenangkan saraf. Saat mandi pagi menggunakan sabun dengan kandungan ini, akan memberikan dorongan psikologis kepada Anda.

Sabun AromaTerapi

Untuk membuat sabun aroma terapi dari limbah kulit jeruk, adapun alat dan bahan yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut: 3 jenis minyak yakni sawit, kelapa dan zaitun. Tak lupa soda api dan minyak atsiri. Sedangkan alatnya: timbangan, sendok plastik, wadah dan cetakan.

1.     Pakailah sarung tangan, kacamata, dan juga masker. lalu campurkan soda api ke dalam air. Hati-hati karena air akan menjadi panas. Aduk perlahan hingga air kembali transparan lalu biarkan hingga kembali ke suhu normal.

2.     Campurkan ketiga jenis minyak ke dalam wadah, dan tuangkan ke air soda api yang telah bersuhu normal. Aduk perlahan sampai cairan mengental lalu masukkan ke dalam cetakan dan diamkan minimal 2 hari atau sampai sabun tersebut benar-benar mengeras.

Daripada menjadi limbah tak berguna,akan lebih baik jika kulit jeruk tersebut dapat diolah menjadi produk tertentu seperti sabun aroma terapi yang bernilai jual tinggi. Selain mengurangi sampah rumah tangga, sekaligus mengurangi angka pengangguran karena dapat dijadikan lapangan pekerjaan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.