Beberapa Syarat Dokumen untuk Mendaftar CPNS

Pada masa sekarang, dimana pemerintah sedang membutuhkan pegawai untuk menjalankan organisasi yang dimilikinya, banyak terdapat lowongan pekerjaan untuk menjadi pegawai pemerintah, atau dengan kata lain Pegawai Negeri Sipil atau yang lebih dikenal dengan singkaan PNS.

Dengan adanya hal tersebut, maka dibukalah lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS yaitu sebutan untuk orang – orang yang melamar menjadi PNS dan Para pelamar harus mempersiapkan berbagai persyaratan yang digunakan untuk mengikuti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil  atau CPNS.

Syarat dokumen CPNS ini memiliki berbagai macam persyaratan yang harus anda penuhi dan lakukan agar sah dan dapat di terima untuk mendaftar sebagai calon pegaai negeri sipil yang seringkali di inginkan oleh setiap orang indonesia ini.

Syarat – Syarat Dokumen Untuk Menjadi CPNS

Para pelamar calon pegawai negeri sipil harus mempersiapkan berbagai persyaratan yang digunakan untuk mengikuti pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Berikut merupakan beberapa syarat dokumen CPNS yang dibutuhkan dan harus anda penuhi untuk dapat menjadi cpns sesuai dengan tingkat kelulusan, yakni:

  1. S1 / Tenaga Profesional
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  • Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.
  1. Lulusan DIII dan SMA / Sederajat
  • Materai Rp 6.000
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah/STTB
  • Fotokopi ijazah SD
  • Fotokopi ijazah SLTP
  • Fotokopi ijazah SLTA.

Syarat Dasar Mengikuti Pendaftaran CPNS

Sesuai dengan Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017, yaitu pada prinsipnya setiap Warga Negara Indonesia atau WNI mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, sepanjang memenuhi 10 persyaratan yaitu sebagai berikut :

  1. Usia paling rendah yaitu 18 tahun dan yang paling tinggi adalah 35 tahun pada saat melamar. Akan tetapi sebagai catatan, batas usia minimal adalah 18 tahun, dan batas usia maksimal adalah 35 tahun. Namun, terdapat jabatan tertentu yang maksimal usianya 40 tahun, sesuai dengan ketetapan yang berikan dari Presiden.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah; dan
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK K/L/D.
Baca Juga!  Borobudur, Candi Budha Terbesar di Abad ke-9

Pendaftaran untuk calon pegawai negeri sipil ini dilakukan pada website sscn.bkn.go.id dengan ketentuan pelamar yang hanya diperbolehkan untuk mendaftar di satu instansi dengan satu formasi jabatan dan ini merupakan hal yang wajib dilakukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *