Belajar Hadist Tentang Menuntut Ilmu

Belajar hadist tentang menuntut ilmu

Dalam islam, belajar atau menuntut ilmu itu hukumnya adalah wajib, tapi tidak kalah pentingnya adalah kita memanjatkan doa sebelum memulai belajar, karena hal ini di anggap remeh oleh sebagian kita ketika menuntut ilmu sehingga tidak menyempatkan diri untuk membaca doa sebelum belajar.

Akibat dari tidak membaca doa sebelum belajar ini maka akan mengakibatkan proses menuntut ilmu dan juga hasil dari yang kita pelajari tidak berkah, selanjutnya akan berdampak kepada sulitnya kita mengamalkan ilmu yang kita punyai, maka mulai sekarang jangan pernah lupa untuk membaca doa belajar.

Kembali ke bahasan kita tentang hadist menuntut ilmu, di atas sudah di singgung sedikit tentang wajibnya kita menuntut ilmu, dan sudah kita pahami bersama bahwa di dalam hadist hanya menyebutkan ilmu, sedangkan ilmu itu ada dua yaitu ilmu agama dan ilmu dunia, dan kita sudah paham bahwa kewajiban dalam hadist tersebut adalah tentang menuntut ilmu agama.

Urgensi Tentang Hadist Menuntut Ilmu

Mengapa sih dalam islam, ilmu saja di wajibkan?, apa sebenarnya makna dan faidah dari kewajiban kita menuntut ilmu?, akan kita bahas urgensinya, mengapa kita wajib menuntut ilmu hanya dengan sebuah hadist yang menerangkan masalah tersebut.

Ada sebuah hadsit yang berbunyi pahala orang yang berjalan menuntut ilmu maka ALLAH akan mudahkan jalannya menuju surga. Dalam hadist ini di jelaskan pahala orang yang berjalan menuju majelis ilmu akan di ganjar dengan pahala yaitu di mudahkan jalannnya menuju surga.

Mengapa tidak di jelaskan tetang masuk surga, tapi di jelaskan tentang jalan menuju surga, ini yang menarik, ternyata penjelasan ini mempunyai arti, kalau ilmu tersebut akan menuntun siapa saja untuk memasuki surga, yaitu dengan ilmu yang di punyai nya tersebut.

Baca Juga!  Learn English Online - Lakukan Diskusi Pada Saat Belajar

Tanpa ilmu, maka mustahil orang akan masuk surga, karena dia tidak tahu mana halal mana haram, mana wajib mana sunnah, sehingga orang yang tidak mempunyai ilmu agama akan rentan melakukan maksiat dan ketidak taatan kepada ALLAH karena memang dia tidak tahu.

Kunci Ilmu Yang Akan Memasukan Ke Surga

Sekarang sudah jelas urgensinya kita untuk menuntut ilmu adalah agar kita mengetahui semua hukum hukum yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad Sallalahu alaihi wassalam, karena ini adalah panduannya.

Tapi tidak cukup disini, kita juga perlu untuk mengamalkan ilmu yang kita punyai, inilah kuncinya, yaitu mengamalkan ilmu yang kita punyai, bukan sekedar tahu ilmunya tapi harus lebih dari itu adalah mengamalkan ilmu yang kita punya.

Dan perkara mengamalkan ilmu ini yang sepertinya menjadi kendala dari sebagian penuntut ilmu, karena memang untukmengamalkan semua ilmu butuh kekuatan dan hidayah di karenakan mengamalkan ilmu di pastikan akan bertentangan dengan hawa nafsu kita, inilah pentingnya kita membaca doa sebelum belajar yang di awal sudah kami tuliskan.

Kumpulan Hadist Tentang Menuntut Ilmu

Terkait dengan urgensi dan kunci ilmu yang bermanfaat agar bisa memasukan kita kedalam surga, ternyata banyak sekali hadist yang menerangkan tentang menuntut ilmu ini, di samping hadist tentang kewajiban menuntut ilmu ternyata lebih banyak lagi adalah hadist tentang keutamaan ilmu.

Dsisini kami tidak menuliskan tentang hadist menuntut ilmu secara lengkap untuk membaca dan mencari tahu apa saja hadist menuntut ilmu silahkan anda baca artikel dari penaungu.com dengan judul kumpulan hadist tentang menuntut ilmu.

Dalam kumpulan hadist tentang menuntut ilmu tersebut memang lebih fokus ke pahala atau keuatamaannya karena dengan mengetahui keutamaan ilmu maka kita akan bersemangat lagi dalam belajar ilmu agama islam.

Baca Juga!  IELTS Academic Reading - Biasakan Diri Membaca Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *