Berapa Berat Container Kosong dengan Ukuran 20 ft, 40 ft, dan 45 ft?

Kalian pernah mendengar Container? Ya, benar. Container sebenarnya adalah peti kemas yang diartikan ke dalam bahasa Inggris. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai berapa sih berat Container kosong.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai berat Container kosong dapat disimak pada artikel di bawah ini. Jadi, yuk segera scroll ke bawah sampai tuntas ya.

Pengertian Container

Container sendiri dapat diartikan sebagai peti atau kotak yang memenuhi syarat teknis ISO (International Organization for Standardization) sebagai alat untuk pengangkutan barang. Keunggulan dari Container adalah bisa digunakan di berbagai moda, baik moda dengan truk peti kemas, kereta api, maupun kapal peti kemas.

Hal ini yang kemudian menjadikan Container sebagai pilihan utama menjadi angkutan barang dengan menggunakan peti kemas atau Container yang menonjol dalam beberapa dasawarsa terakhir.

Macam-macam Container Dan Berat Kosongnya

Berbagai variasi bentuk peti kemas atau Container digunakan untuk mengangkut barang-barang yang spesifik hanya saja menggunakan ukuran standar. Ukuran standar inilah yang akan membantu dan mempermudah handling dan perpindahan moda angkutan Container tersebut.

Berdasarkan kegunaannya, Container dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satu Container berupa Container barang umum dan Container tangki. Container barang umum biasa diisi kotak-kotak, karung, drum, palet dan lain sebagainya. Sementara Container tangki biasa diisi dengan barang-barang berbahaya, seperti gas, minyak, bahan kimia yang mudah meledak.

Berdasarkan ukurannya, Container dapat dibedakan menjadi 3 yang meliputi ukuran 20 ft, 40 ft, dan 45 ft. Sehingga diketahui masing-masing ukuran memiliki berat kosong, yakni untuk ukuran 20 ft berat Container kosong sebesar 2.200 kg, ukuran 40 ft berat Container kosong sebesar 3.800 kg, serta ukuran 45 ft berat Container kosong sebesar 4.800 kg.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai berat kosong Container dari berbagai ukuran yang berhasil penulis sajikan buat kalian. Semoga dengan membaca artikel ini semakin menambah wawasan kita semua tentang Container.

Leave a Reply

Your email address will not be published.