Biaya Perawatan Kucing

Memelihara kucing memang sangat menyenangkan. Tetapi tidak hanya itu, Anda yang memiliki hewan peliharaan juga harus memikirkan biaya perawatannya. 

Pengeluaran untuk hewan peliharaan harus dibuat rincian. Jadi, uang akan dipakai untuk hal-hal yang diperlukan saja. Apa saja hal yang diperlukan untuk perawatan kucing? Simak artikel berikut ini.

Rincian Kebutuhan Kucing

1. Biaya Makanan

Harga makanan kucing sekitar Rp50.000,00 untuk sebungkus Whiskas ukuran 1,2 kilogram. Tetapi Anda juga bisa menghemat dengan menggunakan merek yang lebih murah. 

Makanan disesuaikan dengan jenis kucing. Biaya ini akan berbeda jika Anda memiliki kucing ras, karena makanan mereka biasanya berjenis super premium.

2. Biaya Tempat Tinggal 

Harga kandang kucing biasanya mulai dari Rp100.000,00, sementara kasur kucing lebih murah yaitu mulai dari Rp70.000,00. 

Siapkan juga litter box yang berisi pasir. Litter box berguna untuk kucing buang air. Jadi, kucing terlatih untuk buang air pada tempatnya. Harga litter box biasanya sekitar Rp40.000,00 sampai Rp100.000,00.

3. Biaya Perawatan

Biaya grooming ke salon, per sekali kunjungan biasanya mulai dari Rp30.000,00. Biaya untuk shampo, sisir, dan peralatan lainnya, Anda bisa siapkan Rp80.000,00 sampai dengan Rp250.000,00.

4. Biaya Kesehatan

Jika Anda tidak ingin memiliki keturunan, Anda bisa lakukan steril. Steril subsidi biasanya sekitar Rp100.000,00. Biaya steril juga bisa lebih mahal bila Anda steril mandiri. 

Anda perlu memberikan vaksin rutin sesuai umur dan lakukanlah setiap tahun. Biaya tersebut sekitar Rp80.000,00 hingga Rp200.000,00. Anda juga perlu menyiapkan dana jika kucing sakit.

5. Biaya Mainan dan Aksesoris

Kucing membutuhkan mainan, karena mainan akan melatih mereka untuk aktif. Kucing yang lebih aktif tentu akan lebih sehat, hal ini juga akan mencegah beberapa penyakit.

Kantong kresek atau kerdus juga bisa menarik perhatian kucing. Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa membeli aneka mainan kucing lainnya.

Dalam website akan dijelaskan secara lengkap apa saja perawatan yang dibutuhkan kucing. Anda bisa mengunjungi website ADHD Malta, jika ingin mengetahui hal tersebut lebih lanjut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *