Buat Video “Berkelas” Hanya Bermodal Smartphone? Bisa, Ini Caranya!

Zaman semakin berkembang, teknologi yang kita gunakan menjadi semakin canggih. HP yang dulunya hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui SMS dan telepon, kini juga dapat berfunsi untuk beragam kegiatan positif lainnya, mulai dari swafoto, bekerja, dan beragam lainnya. Hanya dengan menggunakan satu perangkat yang ada di genggaman, beragam aktivitas dapat terselesaikan dengan baik. 

Termasuk halnya dengan membuat kreasi video yang menarik. Dahulu untuk dapat menciptakan video yang bisa dibilang berkualitas, dibutuhkan kamera profesional serta komputer desktop untuk digunakan sebagai tempat mengedit video hasil rekaman. Namun, kini kamu tidak harus terbatas dengan peralatan itu lagi, karena hanya dengan bermodalkan smartphone, kamu bisa loh mencitpakan video yang tidak kalah bagusnya.

Berikut beberapa tips untuk membuat video berkelas layaknya professional dengan bermodalkan smartphone saja.

1. Pahami Kekurangan dan Kelebihan Perangkat

Smartphone yang ada saat ini memiliki beragam spesifikasi yang ditawarkan. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan apa yang dimiliki oleh perangkat smartphone kamu, khususnya untuk bagian kamera untuk perekaman video. 

Seperti yang dikutip dari web Teknolagi, beberapa smartphone saat ini bahkan ada yang telah menawarkan fitur dapat merekam hingga 4K. Jadi, setelah kamu memahami kelebihan yang ada, kamu dapat memaksimalkannya untuk saat proses perekaman.

2. Sesuaikan Platform yang Digunakan

Tentu saja satu video dengan rasio dan durasi tertentu tidak selalu cocok untuk dibagikan ke semua sosial media. Contohnya saja platform Instagram. Meskipun sama-sama berada pada aplikasi yang sama, kebutuhan video Instagram Story dan Instagram Feed tentu berbeda untuk rasio video serta durasinya. Jadi, pastikan kamu telah memikirkan hal ini ya.

Baca Juga!  Lebih Bagus Mana, PowerDirector atau Filmora?

3. Persiapkan Konsep Video

Hanya dengan bermodalkan smartphone? Tentu salah satu nilai plusnya bisa kamu tekankan pada konsep video yang dibuat. Tentu saja kamu tidak mau video yang dibuat akan menjadi hasil yang biasa-biasa saja kan? Oleh karena itu, tentukan konsepnya secara matang sebelum melakukan eksekusi.

4. Persiapkan Seluruh Peralatan

Setelah menyiapkan konsep tentang video seperti apa yang akan dibuat, kini saatnya untuk mempersiapkan proses produksi video. Siapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan konsep dan lokasi dimana video akan diambil. Persiapkan segalanya, termasuk apakah video membutuhkan tripod, mic tambahan untuk merekam audio, dan beberapa peralatan yang diperlukan lainnya.

5. Sulap Video

Setelah segalanya dieksekusi dan dirasa cukup, kini saatnya untuk menyulap video agar lebih menarik untuk ditonton. Kamu dapat memanfaatkan beragam aplikasi edit video android yang telah tersedia di Google Play Store. Melalui aplikasi tersebut, kamu dapat menyatukan video-video yang telah direkam dan menjahitnya dalam satu kesatuan cerita.

Selain itu, kamu juga dapat memainkan warna video, serta memberikan beberapa backsound yang sesuai dengan jalannya cerita di video agar penonton dapat lebih hanyut. Setelahnya, koreksi segala sesuatunya. Jika sudah puas, kamu hanya perlu mengekspornya dan menggunggahnya ke media sosial.

Jika ini merupakan kali pertama kamu membuat video, tentu adalah hal yang sangat wajar jika video dirasa belum maksimal. Lakukan terus tahapan di atas dengan mencoba membuat konten yang kamu minati hingga akhirnya kamu mendapatkan ciri khas video yang kamu banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *