Bus Ekonomi harga Terjangkau dengan fasilitas Full AC.

Harga membawa rupa. Hal tersebut tentu berlaku pula untuk kelas bus ekonomi dan kelas bus lainnya. Hukum ini berlaku untuk jasa sewa bus pariwisata maupun bus antar kota antar provinsi. Penasaran? Ikuti informasi pada artikel di bawah ini.

ibistrans.com sewa bus pariwisata foto bus ekonomi HDD PO Bejeu AKAP Scania.jpg

Bus juga memiliki kelas sebagaimana moda transportasi kereta api. Yaitu kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Ketiga kelas ini tentu memiliki perbedaan dari sisi harga, dan fasilitas. Akan tetapi bukan berarti bus ekonomi memiliki fasilitas yang kurang baik. Sekarang ini sudah banyak bus kelas ekonomi yang juga menawarkan pelayanan yang apik dan cukup bersaing.

Bagi sebagian orang, tentu hal tersebut adalah kesempatan menarik. Sebab dengan membayar harga yang terjangkau, penumpang dapat memperoleh layanan yang maksimal. Bus kelas ekonomi banyak diproduksi oleh perusahaan moda transportasi. Berbagai pengembangan pun dilakukan demi kenyamanan penumpang. Berikut informasi tentang bus kelas ekonomi khusus untuk Anda.

Spesifikasi Bus Ekonomi

Kebanyakan bus ekonomi dapat Anda temui di terminal kota. Bus jenis ini hanya melayani angkutan jarak dekat dalam satu kabupaten/kota dan jarak jauh seperti AKDP. Berikut spesifikasi bus kelas ekonomi pada umumnya.

  • Body bus

Dimensi bus ekonomi pada umumnya sekitar 3-5 meter dengan tinggi 2 meter. Dibuat dari bahan baja yang jika sudah lapuk di makan usia menjadi karatan. Bus kelas ini terkadang menghasilkan asap hitam dari knalpotnya.

  • Fasilitas

Biasanya bus jenis ini menyediakan kursi penumpang berkapasitas 40-50 orang, bagasi barang di bagian atas kursi, full music, non-air conditioner, dan non-toilet. Akan tetapi ada juga yang sudah ber-AC. Biasanya formasi kursi adalah 3 di sisi, 2 di sisi kiri. Bus kelas ekonomi ada beberapa yang masih memberlakukan penumpang berdiri, sehingga kapasitasnya dapat mencapai 60-65 orang.

  • Mesin
Baca Juga!  Penyewaan Mobil Elf Sekilas tentang fakta dan Harga

Mesin bus ekonomi dirancang dengan kecepatan relatif sedang, tidak seperti bus kelas lainnya. Pada umumnya mesinnya menghasilkan bunyi bising yang cukup keras. Akan tetapi ada juga bus yang memiliki kecepatan tinggi dan kedap suara mesin.

  • Interior

Bagian dalam bus ekonomi terkesan tidak mewah, atapnya didesain sederhana, kursi yang nyaman dan lampu biasa (bukan LED). Jarak antara kursi sisi kanan dan kiri sempit, hanya sekitar 50-70 cm saja.

Demikian ulasan tentang bus ekonomi, mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda ya. Meskipun bus ini menjadi bus kelas menengah ke bawah, akan tetapi tidak terlalu buruk untuk menjadi pilihan transportasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *