Cara Mengatasi Rambut Bercabang

CARA MENGATASI RAMBUT BERCABANG

Rambut bercabang sebagai salah satunya pertanda kerusakan pada rambut. Untuk menanganinya, ada langkah menangani rambut bercabang yang bisa Anda kerjakan. Dengan begitu, rambut sehat, cantik, dan bercahaya juga dapat Anda peroleh seperti model rambut selebriti hollywood.

Rambut terdiri dari 3 susunan, yakni medula, korteks, dan kutikula. Kutikula sebagai susunan paling luar rambut yang bekerja membuat perlindungan sisi dalam rambut yang lebih rawan alami kerusakan.

Tetapi, kutikula yang semestinya membuat perlindungan rambut bisa terbuka karena perawatan rambut yang tidak tepat. Ini dapat mengakibatkan rambut hancur, kering, lusuh, dan gampang patah dan bercabang.

Pemicu Rambut Bercabang
Rambut bercabang terjadi saat kutikula rambut alami kerusakan. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan kutikula hancur dan rambut bercabang, salah satunya:

Menyisir rambut terlalu berlebih
Menggosok rambut saat basah dengan kuat memakai handuk
Kerap memakai alat penata rambut, seperti pengering rambut dan pelurus rambut
Kerap memberi warna rambut dan memakai bleaching
Memakai produk perawatan rambut dengan bahan kimia keras
Tidak itu saja, rambut bercabang bisa juga disebabkan karena pancaran cahaya matahari berlebihan dan tidak terpenuhinya konsumsi gizi yang perlu untuk kesehatan rambut.

Langkah Menangani Rambut Bercabang
Ada cara-cara menangani rambut bercabang yang bisa dilaksanakan untuk memperoleh rambut sehat dan selalu bercahaya, salah satunya:

  1. Memotong ujung rambut dengan teratur
    Memotong ujung rambut dengan teratur sebagai langkah paling mudah untuk menangani rambut bercabang. Anda dianjurkan memotong ujung rambut tiap 6-8 minggu sekali. Bila berasa sangsi, coba minta kontribusi penata rambut di salon untuk memotong ujung rambut Anda.
  2. Menyisir rambut dengan perlahan-lahan
    Menyisir rambut terlalu berlebih, apa lagi bila dilaksanakan secara kasar, bisa mengakibatkan rambut gampang patah dan bercabang. Ini karena gesekan di antara sisir dan rambut bisa mengakibatkan kutikula rengat dan terbuka.

Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk menyisir rambut secara perlahan-lahan, diawali dari sisi bawah untuk membereskan sisi yang kusut. Langkah ini bisa menolong rambut supaya tidak gampang hancur dan rontok.

Disamping itu, Anda pun disarankan tidak untuk menyisir rambut pada keadaan basah, karena rambut lebih ringkih dan gampang patah. Seharusnya, keringkan rambut lebih dulu memakai handuk secara halus saat sebelum menyisirnya.

  1. Memakai conditioner dan masker rambut
    Memakai conditioner sesudah keramas dapat membuat rambut lebih halus dan gampang ditata. Dalam pada itu, memakai masker rambut minimal satu minggu sekali bisa menambahkan kelembapan rambut dan membuat lebih lembut. Dengan begitu, rambut juga tidak gampang kering dan bercabang.
  2. Batasi pemakaian alat penata rambut
    Alat penata rambut, seperti catokan dan pengeriting rambut, memanglah bisa membuat rambut terlihat lebih rapi dan cantik. Meskipun begitu, Anda yang mempunyai rambut bercabang seharusnya menghindar pengaturan rambut dengan langkah ini.

Masalahnya panas dari alat penata rambut bisa mengganti susunan protein rambut dan membuat makin kering. Ini pasti mengakibatkan rambut bercabang makin banyak.

Tetapi, bila memang Anda benar-benar membutuhkan alat penata rambut, yakinkan untuk memakai serum rambut atau produk perlindungan rambut lebih dulu membuat perlindungan rambut dari panas berlebihan.

  1. Batasi perawatan rambut berbahan kimia
    Perawatan rambut yang sudah dilakukan dengan memakai bahan kimia, seperti pewarnaan rambut, perming, dan smoothing, bisa memberinya imbas jelek pada kesehatan rambut.

Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk memberikan interval waktu di antara satu perawatan rambut dengan perawatan yang lain. Sebagai contoh, Sebaiknya anda menanti sepanjang dua minggu lebih dulu untuk memberi warna rambut sesudah lakukan pelurusan rambut.

  1. Menghindar pancaran cahaya matahari langsung pada rambut
    Pancaran cahaya UVA dan UVB dari matahari dalam waktu yang lama bisa menghancurkan kutikula rambut. Mengakibatkan, rambut jadi kering, gampang patah, bercabang, serta alami peralihan warna.

Oleh karenanya, saat melakukan aktivitas di luar ruang Anda dianjurkan membuat perlindungan rambut dari pancaran cahaya matahari langsung dengan memakai topi atau payung. Disamping itu, Anda bisa juga memakai pelembap rambut yang mengandung zinc oxide atau SPF untuk mencegah cahaya UV.

  1. Memenuhi keperluan gizi rambut
    Tidak cuman perawatan di luar, rambut bercabang perlu ditangani dari dalam dengan memenuhi konsumsi gizi yang bagus untuk rambut.

Misalnya ialah zinc yang berperanan penting dalam perkembangan dan pembaruan jaringan rambut dan jaga kelembapan rambut. Anda bisa mendapat zinc dengan konsumsi makanan laut, daging, telur, beberapa bijian utuh, dan kacang-kacangan.

Disamping itu, protein, omega-3, vitamin A, vitamin C, dan zat besi, sebagai gizi yang bagus untuk jaga rambut masih tetap sehat dan terbebas dari kerusakan.

Cara-cara menangani rambut bercabang di atas bisa menolong Anda memperoleh rambut yang sehat. Tetapi, pada beberapa kasus, rambut bercabang menjadi pertanda ada permasalahan kesehatan, seperti hipertiroidisme atau masalah makan.

Oleh karenanya, bila keadaan rambut Anda tidak juga lebih baik walau sudah lakukan beragam langkah menangani rambut bercabang, seharusnya Anda memeriksa diri ke dokter untuk memperoleh pengatasan yang akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *