Cara Menuju Pantai Jonggring Saloka Malang

cara menuju pantai jonggring

Cara Menuju Pantai Jonggring – Pantai Jonggring Saloka salah satu destinasi wisata di Malang yang memiliki medan cukup sulit untuk diakses. Lokasinya yang berada di Kecamatan Donomulyo, tepatnya di Desa Mentaraman Kabupaten Malang ini terkenal dengan keindahan alam juga tradisi lisan atau cerita sejarahnya.

cara menuju pantai jonggring

Cerita Pantai Jonggring Saloka

Masyarakat setempat mempercayai nama Jonggring Saloka berasal dari khayangan langsung. Khayangan sendiri bagi masyarakat setempat diyakini sebagai tempat berkumpulnya para Dewa. Sebagian masyarakat sekitar adapula yang mengatakan bahwa nama tersebut sebenarnya diambil dari cerita pewayangan. Dimana Jonggring Saloka adalah sebuah tempat kediaman dari Batara Narada.

Selain menjadi nama Pantai, Jonggring Saloka ternyata juga menjadi nama dari sebuah kawah di Gunung Semeru (Mahameru). Di luar nama tersebut, Jonggring Saloka nyatanya menyimpan magis tersendiri sehingga mampu memikat para wisatawan.

Pantai ini memiliki ombak eksotis yang tak jarang dipakai oleh peselancar untuk unjuk bakat. Eits, tapi hanya di periode-periode tertentu saja sebab ombak di Pantai ini cukup tinggi. Selain berselancar, aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung kesini adalah memancing, berkemah, bersantai dan sebagainya.

Paket Wisata Malang Termurah 2021

Cara Menuju Pantai Jonggring Saloka

Untuk menuju ke lokasi Jonggring Saloka, rutenya cukup mudah. Apabila Anda memulainya dari pusat Kota Malang, ambilah rute menuju arah Karang Kates, Kepanjen. Pantai ini sebenarna masih berada di satu kawasan Donomulyo yang mana terkenal dengan gugusan pantai-pantai indahnya.

Ikuti jalan besar hingga bertemu dengan pasar besar Donomulyo. Lihat papan penunjuk arah, kemudian lurus pilih rute menuju Desa Mentaraman. Apabila sudah bertemu dengan Tugu Semar, belok kanan kemudian ikuti jalan hingga bertemu perempatan JLS (Jalur Lintas Selatan). Lurus dan ikuti jalan hingga pemakan tua sampai bertemu jalan makadam (tidak beraspal). Anda akan  melewati hutan kira-kira sepanjang 5 Km.

Aksesnya cukup mudah, apalagi masih bisa terdeteksi melalui google maps. Kendaraan bermotor pribadi seperti mobil maupun motor sangat rekomended. Info tambahan, tiket masuk ke area Pantai pun gratis. Anda hanya cukup mengeluarkan biaya parkir saja. Ingat, sebagaimana alam menyuguhkan keindahannya, jagalah selalu kebersihannya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *