Dr Kun Jayanata: Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat Secara Alami

Dr Kun Jayanata merupakan salah seorang dokter kulit dan memiliki klinik yang menangani spesialis khusus kulit berjerawat. Jerawat merupakan kondisi ketika terjadi kelebihan minyak dan bercampur dengan folikel rambut yang menyebabkan terjadinya penyumbatan dan menimbulkan pembengkakan pada bagian bawah kulit secara menyeluruh. Penyebab terjadinya jerawat adalah kondisi hormon berubah selama kehamilan dan penggunaan pil KB, memiliki riwayat keluarga, menggunakan obat jerawat dengan efek samping dan sering menggunakan make up secara tebal.

Berikut adalah cara mencegah terjadinya jerawat:

Jaga kebersihan wajah setidaknya 2 kali dalam sehari menggunakan sabun yang berformula lembut dan usap menggunakan air hangat, jangan menggosok wajah dengan batu apung dan cuci dengan tangan lalu tepuk-tepuk secara perlahan.

Lembabkan wajah yang membuat kulit terlihat lebih kencang, lembut dan kenyal, cari produk yang memiliki label noncomedogenic atau anti jerawat dan perhatikan jenis kulit.

Beberapa produk jerawat memiliki kandungan asam laktat, asam salisilat, benzoil peroksida dan asam glikolat untuk membunuh bakteri dan menyebabkan kulit menjadi kering namun dapat menggantinya dengan gel retinoid topikal untuk mencegah pertumbuhan jerawat.

Hindari penggunaan make up berlebihan yang menyumbat pori-pori dan menghasilkan minyak berlebih, oleh karena itu bersihkan make up sebelum tidur dan pilih jenis kosmetik yang bebas minyak dan tanpa menggunakan zat pewarna.

Pilih produk yang tepat seperti menggunakan kondisioner dan sampo yang lembut sehingga akan menjaga kulit dan rambut berminyak dari tumbuhnya jerawat.

Selain itu, untuk mencegah munculnya jerawat dengan tidak menyentuh bagian wajah dan tindakan ini membuat bakteri menuju wajah dan menyebabkan munculnya iritasi dan sebaiknya tidak memencet jerawat karena jerawat dapat menyebabkan jerawat meninggalkan bekas dan terinfeksi. Ketika berada diluar maka lindungi kulit menggunakan sunscreen dengan SPF30 setidaknya 2 jam sekali sehingga kulit akan lebih terlindungi dan tidak mudah mengalami kusam. Nutrisi kulit akan baik jika mengonsumsi banyak sayuran dan buah segar dibandingkan mengonsumsi makanan cepat sajit dan gorengan yang menyebabkan penumpukan lemak dan menghasilkan banyak minyak. Perlu juga rutin berolahraga untuk membuat kulit lebih sehat dan bugar. Sebaiknya menghindari stress karena akan menyebabkan produksi hormon kortisol berlebihan.

Baca Juga!  Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung

Kesalahan yang membuat kulit wajah menjadi berjerawat adalah cukup sering mencuci wajah atau lebih dari 2 kali, jika pada malam hari berkeringat terlalu banyak maka cukup basuh menggunakan air hangat. Jangan pernah basuh muka dengan air panas karena menyebabkan iritasi dan kulit kering sebaiknya menggunakan air hangat saja. Wajah juga tidak boleh sering exfoliasi setidaknya 1 hingga 3 kali dalam seminggu karena jika berlebihan akan menyebabkan infeksi, peradangan dan iritasi pada kulit.

Berikut adalah obat alami untuk jerawat diantaranya:

Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan mengurangi peradangan pada kulit dan mengempeskan jerawat lebih efektif.

Dengan menggunakan kantung teh hijau lalu menyemprotkannya pada wajah kemudian dibilas, digunakan 1 hingga 2 kali dalam sehari.

Lidah buaya lebih efektif terhadap menghilangkan jerawat dengan mengoleskannya pada wajah dan dibiarkan semalaman.

Dr Kun Jayanata menjelaskan bahwa tomat dapat digunakan untuk membunuh bakteri pada kulit, mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi dari sebum. Dapat menggunakan madu lalu mengoleskannya pada wajah dan dibiarkan dalam beberapa menit lalu dibilas menggunakan air hangat pada pagi maupun malam hari. Jeruk nipis dengan menggunakan air perasannya namun menggunakan campuran air supaya kulit tidak teriritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *