Tahukah Anda Apa Itu Fibrilasi Ventrikel ? Cari Tahu Di Sini

Fibrilasi Ventrikel, tahukah anda apa itu ? Istilah tersebut juga terkadang dibalik menjadi Ventrikel Fibrilasi. Yaitu sebuah gangguan pada jantung (penyakit jantung) yang disebabkan karena beberapa faktor dimana dalam kondisi tersebut jantung berdetak sangat kencang (takikardia) yang diikuti dengan hilangnya kesadaran dalam waktu yang cepat. Untuk mengetahui lebih lanjut, tentang penyakit ini, yuk kita simak artikel berikut ini.

Gejala Fibrilasi Ventrikel

Ada beberapa gejala yang timbul akibat dari serangan ini diantaranya :

  • Nyeri pada bagian dada
  • Hilangnya kesadaran dalam waktu cepat
  • Detak jantung yang sangat cepat
  • Sesak nafas (nafas pendek)

Gangguan ini merupakan keadaan darurat dimana jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga disertai dengan penurunan tekanan darah sehingga dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran dalam waktu yang cepat. Apabila tidak segera ditangani korban dapat mengalami kerusakan otak, karena sel – sel otak tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

Tindakan Penanganan

Lalu, bagaimana penanganan yang bisa dilakukan dalam kondisi tersebut ? Biasanya dua cara yang umumnya dilakukan untuk menolong korban ventrikel fibrilasi. Pertama dengan CPR atau RJP kedua dengan bantuan alat defibrillator.

  • CPR (Cardiopulmonary Resucitaion) – Atau dalam Bahasa indionesai (RJP) yaitu resusitasi jantung paru. Yaitu tindakan memompa dada korban dengan menggunakan kedua tangan disertai dengan memberikan nafas buatan. Hal ini bertujuan untuk menjaga aliran darah tetap mengalir sehingga otak tetap mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.
  • Defibrilasi – Langkah kedua yaitu dengan melakukan tindakan defibrilasi atau kejut jantung dengan menggunakan alat Defibrillator. Jantung dikejutkan dengan menggunakan energi listrik dalam jumlah tertentu. Hal ini akan membuat jantung berhenti sejenak kemudian memulai lagi detaknya dengan normal.
Baca Juga!  Tips Memilih Sayuran Paling Bergizi

Pencegahan Pengobatan

Ada banyak metode pengobatan dan penyembuhan yang ditempuh oleh dokter dalam menangani pasien ventrikel fibrilasi diantaranya :

  • Operasi Jantung – Tindakan operasi bisa saja ditempuh dengan cara Bypas coroner untuk memperlancar aliran darah sehingga meminimalisir terjadinya gangguan Fibrilasi Ventrikel
  • Pemasangan Implan Defibrillator – Alat ini dipasang di dalam tubuh pasien, yang akan bekerja secara otomatis dengan mendeteksi irama jantung saat membutuhkan kejutan.
  • Obat – obatan – Dengan menggunakan obat – obatan yang dapat melancarkan pembuluh darah dan menjaga detak jantung tetap normal.

Demikianlah ulasan singkat mengenai gangguan jantung yang sering disebut Fibrilasi Ventrikel. Semoga bisa sedikit menambah wawasan kita bersama. Sekian dan selamat beraktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *