Hakekat Hadist Ikhlas dan Sabar

Banyak hadist tentang ikhlas dan sabar, tapi disini saya tidak akan menuliskan hadist tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan hakekat dari hadist ikhlas dan sabar tersebut, karena percuma hafal teks hadistnya tapi tidak paham maksud dan tujuan dari makna ikhlas dan sabar.

Ikhlas dan sabar mempunyai arti yang berbeda tapi masih berkaitan, Ikhlas adalah ibadah yang kita lakukan semata-mata karena ALlAH Azza Wa Jalla saja tidak ada embel-embel lainnya, walaupun misalkan 99% karena ALLAH dan yang 1% karena mengharapkan pujian, maka yang seperti ini tidak masuk kedalam ikhlas atau tidak ikhlas.

Hakekat Hadist Ikhlas dan Sabar

Dan perkara ikhlas ini merupakan perkara yang besar dan sulit untuk di lakukan, kecuali oleh orang yang di berikan taufik dari ALLAH, dan kebanyakan dari kita terjebak ke dalam riya atau ingin di puji manusia saat kita beramal. Karena memang pujian adalah suatu kenikmatan yang semua orang senang mendapatkannya.

Bukan hanya kita manusia awam saja, tapi sekaliber ulama salaf juga mengatakan bahwa sulitnya untuk ikhlas, seperti Imam Ahmad bin Hambal, yang beliau tidak di ragukan lagi keilmuannya, tapi masih menganggap ikhlas adalah perkara yang sulit juga berat.

Hakikat Ikhlas

Jadi hakekat dari ikhlas yang artinya kita sudah paham adalah mengerjakan amalan agama atau amalan ibadah dengan niat hanya untuk ALLAH saja, dan itu merupakan perkara besar dan sulit untuk di realisasikan, tapi berat dan sulitnya ikhlas bukan berarti tidak bisa kita lakukan.

Untukmenggapai ikhlas adalah dengan mencontoh para ulama salaf, yaitu dengan menyembunyikan amalan, seperti perkataan dari sebagian ulama salaf bahwa hendaknya kita menyembunyikan amalan layaknya kita menyembunyikan aib dan dosa kita.

Baca Juga!  Baju PDH Mahasiswa Dan Konveksi Pembuatannya

Dengan menyembunyikan amal, maka tidak ada kesempatan bagi kita untuk berbuat riya, dan lakukan semua amalan yang sifatnya atau keadaannya bisa memungkinkan untuk di sembunyikan, seperti sedekah,sholat sunah dan puasa, tapi untuk sholat wajib yang 5 waktu maka jangan di sembunykan karena kita harus kemasjid untuk sholat berjamaah, jangan sampai kita beralasan menyembunyikan amalan sholat 5 waktu dengan tidak menghadiri sholat 5 waktu di masjid, sungguh ini adalah kebodohan yang nyata.

Kakikat Sabar

Sedangkan sabar adalah menerima dengan lapang dada apapun musibah yang menimpa kita, seperti misalkan kita di karuniai anak yang tidak sempurna secara berfikir atau autis, maka kita harus bersabar bahwa ini sudah takdir dan kehendak ALLAH, dan juga misalkan jika kita terjatuh atau mengalami kecelakaan maka kita di tuntut untuk bersabar karena ini juga sudah ketentuan ALLAH.

Dengan sabar maka kita akan tenang, seberat apapun musibah yang menimpa, jika disikapi dengan sabar maka semua akan terasa kecil dan ringan. Demikian artikelsingkat ini semoga bisa bermanfaat. Tulisan ini disadur dari artikel islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *