Kelebihan Pemasaran Online Bagi Pelaku Usaha

Pemasaran online di masa sekarang menjadi kebutuhan pokok bagi pelaku usaha. Banyak pemilik usaha dari skala kecil sampai besar yang mengalami peningkatan penjualan. Dari fakta tersebut jelas menunjukkan pentingnya penggunaan pemasaran online. Tidak hanya itu, masih banyak lagi kelebihan pemasaran online yang akan membantu pelaku usaha agar lebih berkembang.

1. Jangkauan luas

Dengan menggunakan pemasaran online, jangkauan target konsumen potensial semakin luas. Tidak hanya melintasi batas-batas wilayah dalam negeri, bahkan dapat melintasi negara lain. Untuk meningkatkan jangkauan pasar yang lebih luas, pelaku usaha dapat mengoptimalkan penggunaan website.

Website dapat difungsikan sebagai alat promosi dan edukasi produk dengan keyword yang tepat sehingga memperbesar peluang usaha untuk dikenal orang. Tidak perlu melakukannya sendiri, karena banyak jasa penulis artikel yang bisa membantu untuk memperkenalkan produk dan meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Tentunya akan berpengaruh pada peningkatan jumlah konsumen potensial baru.

2. Biaya Lebih Murah

Biaya pemasaran offline seperti brosur, spanduk, iklan tv, dan radio berbiaya mahal. Atau melakukan pemasaran dengan keliling kota biaya yang dikeluarkan pastinya akan lebih besar lagi. Berbeda dengan pemasaran online, dengan memanfaatkan Google AdWords/Facebook pelaku usaha dikenakan biaya minimum Rp. 10.000,- per hari.

3. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Akurat

Dengan pemasaran online, pelaku usaha dapat menjangkau target konsumen dengan lebih akurat dan tepat. Sebagai contoh memanfaatkan Facebook/Instagram Ads untuk mengiklankan suatu barang dengan target pasar yang diinginkan. Pelaku usaha dapat mengatur lokasi, umur, jenis kelamin, minat dan kategori lainnya.  

4. Menghemat Waktu

Beriklan dengan media online untuk mempromosikan produk jauh lebih cepat dibandingkan secara offline. Pemasaran online dapat dilakukan dalam hitungan jam bahkan menit tergantung kerumitan materi yang disiapkan. Media offline seperti beriklan di surat kabar perlu menunggu waktu terbit dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga!  Tips Cara Menabung yang Baik

5. Mendapatkan Feedback secara Cepat

Feedback atau umpan balik merupakan salah satu poin penting yang berguna untuk mengetahui kepuasan pelanggan. Umpan balik tersebut dijadikan bekal untuk pengembangan produk, perbaikan layanan, dan target pasar. Dengan pemasaran online, pelaku usaha memungkinkan untuk memperoleh umpan balik secara cepat setelah pembeli menerima produk.

Dari uraian kelebihan pemasaran online yang diterima oleh pelaku usaha di atas, tentunya memberikan banyak manfaat. Sudah seharusnya para pelaku usaha untuk menjalankan pemasaran online. Akan lebih baik lagi apabila pemasaran online dibarengi dengan pemasaran offline, sehingga target penjualan tercapai bahkan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *