Kerajinan Tembaga Untuk Dekorasi Masjid

Banyaknya jenis agama yang ada di Indonesia seperti agama Islam, Hindu, Kristen, Buddha, Katolik, Konghucu,dan Protestan. Sehingga tempat ibadah yang ada di Indonesia banyak tersebar di berbagai daerah. Salah satunya masjid sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Berbagai masjid yang memiliki desain megah ditemui.

Desain megah tersebut tidak luput dari dekorasi yang ada di luar maupun di dalam masjid. Meskipun untuk dekorasi tersebut harus mengeluarkan biaya yang banyak. Dekorasi masjid pada umumnya seperti adanya kaligrafi sebagai hiasan dan warna cat untuk masjid. Pemaparan berikut ini mengenai kerajinan tembaga untuk dekorasi masjid.

1. Kerajinan Kaligrafi

Kaligrafi merupakan sebuah kerajinan yang berisi tulisan ayat-ayat suci Al-Qur’an seperti ayat kursi. Biasanya kaligrafi terbuat dari ukiran kayu maupun ukiran dari cat. Tetapi bukan hanya terbuat dari hal tersebut, kaligrafi juga ada yang terbuat dari bahan dasar tembaga. Karena tembaga bersifat mudah untuk dibentuk.

2. Kubah Masjid

Sebuah masjid tidak dapat dikatakan sebagai tempat ibadah untuk umat yang beragama Islam tanpa adanya sebuah kubah. Sebuah kubah sebagai lambang arah kiblat di luar masjid sehingga orang yang baru datang ke masjid tersebut tidak bingung. Kubah masjid ini terbuat dari berbagai bahan dasar. Salah satunya adalah kubah yang terbuat dari bahan dasar tembaga.

3. Lampu Gantung

Bukan hanya di sebuah restoran, taman, rumah, maupun hotel yang memerlukan lampu gantung sebagai dekorasinya. Akan tetapi masjid juga memerlukan lampu gantung sebagai dekorasi agar terlihat mewah dan elegant. Karena berdasarkan realita, jarang sekali masjid yang menggunakan dekorasi lampu gantung dari tembaga.

4. Cermin Tembaga

Dalam sebuah masjid juga diperlukan yang namanya cermin. Fungsi dari cermin ini digunakan untuk memperbaiki penampilan ketika sudah memakai mukenah. Selain itu, bingkai dari cermin yang biasanya kayu tetapi bisa terbuat dari bahan tembaga. Bahan tersebut bukan hanya sebagai bingkai, akan tetapi juga dijadikan sebagai dekorasi dinding dengan ukirannya.

Baca Juga!  Dekorasi Ulang Tahun Tema Frozen

Itulah beberapa dekorasi untuk masjid sehingga masjid tersebut terlihat megah dan mewah. Salah satunya adalah kubah masjid tembaga yang menjadi hal utama. Sehiingga masjid tersebut bisa dikatakan sebagai masjid yang megah. Selain itu, bahan tembaga sangat mudah dibentuk sehingga banyak menghasilkan kerajinan. Semoga Bermanfaat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *