Lagi Cari Aplikasi Edit Foto? Yuk, Intip Fitur Premium Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Adobe Lightroom memang sudah dikenal sebagai salah satu tools andalan para fotografer untuk mempercantik hasil akhir dari sebuah foto. Ya, memang Lightroom bisa dikatakan banyak sekali fitur yang tersedia, meski dalam versi gratis mereka.

Dalam versi gratisnya, Lightroom sudah dilengkapi banyak sekali fitur menarik. Salah satunya adalah fitur Preset yang bisa digunakan untuk mengedit foto dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan preset lightroom gratis dari pengguna lainnya.

Hmm, menarik bukan? Pada versi gratisnya saja, fitur yang ada pada Lightroom sudah bisa dibilang memenuhi kebutuhan editor. Lalu, bagaimana dengan fitur yang tersedia pada versi premium? Yuk kita intip bocorannya.

Adobe Lightroom
Adobe Lightroom

1. Kemampuan Untuk Mengedit Foto RAW

Bagi para fotografer tentunya sudah tidak asing dengan format foto yang satu ini, yaitu foto RAW. Singkatnya foto RAW memiliki kelebihan dibandingkan jenis format foto lainnya dalam hal kemudahan editing dan hasil yang lebih tajam.

Hal ini disebabkan karena format foto RAW merupakan file asli atau file mentah yang belum mengalami proses kompresi. Sehingga foto tersebut merupakan file original yang belum mengalami penurunan kualitas.

Sayangnya tidak semua aplikasi mendukung editing untuk format ini. Namun, pada versi premium dari Adobe Lightroom, kamu bisa dengan mudah melakukan editi foto RAW. Mulai dari pengaturan warna foto, dinamis range, dan beragam lainnya.

2. Penyimpanan Cloud

Saat ini jenis penyimpanan cloud tengah menjadi tren. Hal ini disebabkan karena beragam kelebihan yang dimilikinya, seperti tidak perlu khawatir dengan perangkat fisik penyimpanan, tidak perlu takut perangkat rusak atau hilang, dan lainnya yang biasa kita temukan pada penyimpanan konvensional.

Nah, dalam versi premiumnya, Lightroom telah membawa fitur penyimpanan berbasis cloud yang memungkinkan untuk menyimpan foto hingga 100GB. Tentunya ini bukan ukuran yang kecil untuk menyimpan foto.

Jadi, nantinya jika kamu menggunakan fitur ini, kamu tidak lagi akan menggunakan penyimpanan internal dari perangkat kamu. Seluruh file akan tersimpan secara otomatis pada Cloud Lightroom.

3. Kemampuan Editing Area Tertentu

Terkadang dalam proses editing, kita menginginkan beberapa editing berbeda dalam satu foto yang sama. Contohnya, misal kita ingin meningkatkan tingkat saturasi pada sisi atas foto dan mengurangi pada sisi bawah, atau lainnya.

Sayangnya cara ini masih belum bisa dilakukan oleh kebanyakan aplikasi edit foto, termasuk pada versi gratis Adobe Lightroom sendiri. Nah, kabar baiknya jika kamu membutuhkan fitur selective adjustment, kamu bisa mendapatkannya pada versi premium.

Jadi, nantinya kamu hanya perlu memilih titik mana yang ingin diedit atau memilih area yang diinginkan. Lalu, selanjutnya kamu bisa mengatur parameter lainnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

4. Mengatur Perspektif Foto

Salah satu permasalah yang sering terjadi saat melakukan editing foto adalah proporsi dari foto yang kurang pas. Tentunya tidak semua foto bisa kita potret kembali, terutama untuk foto yang bersifat momentum.

Oleh karena itu, dengan berlatar belakang keresahan tersebut, Adobe Lightroom menghadirkan sebuah fitur bernama perspective. Melalui fitur ini, nantinya kamu bisa melakukan rekayasa perspektif foto sebagaimana yang juga dikonfirmasi web Teknolagi.

Jadi, seolah-olah foto tersebut memang diambil seperti itu awalnya. Misalnya, ada sisi yang ingin kamu tonjolkan kemiringannya, kamu bisa melakukannya melalui fitur ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *