Apa Itu Backlink? Dan Manfaatnya Untuk Website

https://www.jasabacklink.me/ adalah tautan yang mengarah pada situs Anda dan biasanya akan dipajang dalam situs atau forum lain. Bila backlinknya semakin banyak maka peringkat situs dalam mesin pencarian akan semakin meningkat.

Penggunaan backlink juga tidak boleh sembarangan, Anda harus bisa menempatkan backlink yang akan meningkatkan rank pada website bukan malah menurunkan.

Backlink harus relevan

Penggunaan backlink dari situ orang lain harus dilakukan dalam situs dengan niche yang relevan agar terlihat lebih natural saat terbaca oleh mesin pencarian seperti Google. Bahkan jika dilihat dari segi user experienxe link yang diletakan pada situs yang relevan juga tidak akan mengganggu para visitor bahkan bisa mendapatkan klik yang bisa meningkatkan trafik situs Anda.

Perhatikan contextual links

Contextual links atau links yang ada di dalam artikel konten juga harus bisa Anda perhatikan. Links harus benar-benar berhubungan dengan isi artikel yang Anda tulis.

Menempatkan backlink pada situs yang DA dan PA nya tinggi

Sebelumnya google lebih memperhatikan website dengan authority yang tinggi dengan pagerank. Semakin tinggi pageranknya maka authority nya pun akan semakin tinggi. Sehingga dengan memasangkan bancklink pada domain yang pageranknya tinggi akan membuat backlink semakin berkualitas dibandingkan backlink yang ada pada situs dengan pagerank yang rendah.

Namun, karena sejak tahun 2012 pagerank sudah tidak diupdate lagi maka sekarang penilaian autorithy situs bisa dilihat pada DA (domain authority) dan PA (page authorithy) dari Moz.

Perhatikan umur domain

Jika suatu web authority nya tinggi, biasanya umur domain dari web tersebut juga sudah lama. Jarang ada suatu web yang bisa mendapatkan PR4 atau PR5 dalam hitungan bulan (terkecuali untuk web yang domainnya berasal dari domain drop, redirect atau fake).

Baca Juga!  Jasa Bikin Website Rental Mobil Terpercaya di Indonesia

Kelebihan lain dari website berumur biasanya indexnya lebih cepat. Walaupun website berumur belum tentu authority nya besar, mendapatkan backlink dari domain dengan jenis ini saya rasa lebih aman dari pada mendapatkan backlink dari website-website yang baru seumur jagung dengan index yang belum stabil.

Belakangan banyak webmaster yang memanfaatkan kualitas dari aged domain ini untuk membangun blog-blog network pribadi atau biasa dikenal dengan sebutan PBN. Namun hati-hati, jangan asal beli domain aged karena belum tentu domain tersebut bagus untuk dijadikan sumber backlink.

Cek terlebih dahulu histori webnya, mulai dari tampilan halaman (bisa menggunakan Web Archive) sampai histori backlink nya (bisa menggunakan Ahrefs). Pastikan web tersebut tidak pernah digunakan untuk kegiatan spamming sebelumnya.

Trafik situs tinggi

Anda juga harus memperhatikan trafik situsnya. Bila links yang ada pada situs dengan trafik tinggi maka memiliki kualitas yang bagus jika dibandingkan link pada situs dengan trafik rendah. Ini tidak 100% benar namun cukup bisa menunjang jika ternyata kriteria yang lain sudah terpenuhi.

Low Outbound Links

Hal ini berkenaan dengan Link Juice. Mendapatkan backlink dengan outbound link (link keluar) yang cukup banyak akan mengurangi efektivitas backlink tersebut karena harus dibagi-bagi dengan link-link yang lain di dalam satu halaman yang sama.

Kebalikannya dengan low outbound links, backlink yang di dapat dari halaman ini jauh lebih powerful karena Link Juice nya langsung masuk ke website Anda tanpa terlalu banyak terbagi-bagi ke link lain.

Terlalu sering mendapat backlink dari website dengan outbound links yang banyak juga cukup berbahaya bagi website Anda karena high outbound links rentan dianggap sebagai halaman spam (yang masuk kategori ini biasanya spamming jenis blog commenting).

Baca Juga!  Jasa Pembuatan Toko Online Terbaik dan Bergaransi

Situs unik (Different C class IP’s)

Mendapatkan backlink dari website dengan hosting yang berbeda-beda dan IP yang berbeda-beda juga ikut mempengaruhi peringkat website kita di search engine Google.

Oke baik, kita sederhanakan saja, jika backlink yang di dapat dari IP yang berbeda-beda, kemungkinan besar backlink yang didapat bukanlah manipulasi seperti halnya jika kita membuat backlink dari website-website kita sendiri (dengan IP dan hosting yang sama).

Walaupun dalam prakteknya, tetap saja backlink beda IP juga bisa dimanipulasi, menggunakan situs PBN misalnya. Mendapatkan backlink dari puluhan website dengan IP yang berbeda-beda jauh lebih baik dibandingkan dari ratusan backlink namun hanya dari 1 website yang sama.

Dofollow Attribut

Dofollow adalah link yang dihitung google sebagai sebuah ‘vote’ untuk website Anda, sedangkan nofollow tidak. Jadi, jika Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan 7 kriteria diatas namun link nya ternyata bukan dofollow, maka itu adalah sebuah kerugian besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *