Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Manfaat-Mandi-Air-Hangat-bagi-Kesehatan

Faedah mandi air hangat menggunakan sabun cair bukan hanya untuk menangani dinginnya udara pada pagi hari, tapi dapat menurunkan keluh kesah tertentu serta baik untuk kesehatan psikis. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai faedah mandi air hangat, baca ulasannya di sini.

Air hangat sering dipakai untuk mengompres anggota badan yang ngilu atau pegal, seperti perut atau punggung. Selainnya dengan kompres air hangat, Anda bisa juga mandi atau merendam sama air hangat untuk menurunkan keluh kesah itu.

Tidak itu saja, faedah mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah. Saat kulit bersinggungan sama air hangat, badan akan melepas hormon endorfin, yakni zat kimia yang bisa memberinya perasaan nyaman dan berbahagia. Berikut kenapa Anda akan berasa lebih santai sesudah mandi air hangat.

Faedah Mandi Air Hangat untuk Kesehatan


Selainnya banyak hal di atas, ada bermacam faedah mandi air hangat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya:

  1. Menurunkan ngilu
    Saat otot badan berasa ngilu dan tegang, mandi air hangat menjadi jalan keluar untuk menurunkan kemelut otot dan kurangi merasa tidak nyaman pada persendian dan tulang.
  2. Membuat tidur lebih pulas
    Untuk Anda yang alami insomnia atau susah tidur, Anda dapat coba mandi air hangat untuk menanganinya. Faedah ini terkait dengan dampak rileksasi yang bisa dibuat dengan mandi atau merendam air hangat, hingga bisa tingkatkan kualitas tidur dan tidur juga jadi lebih pulas.
  3. Menangani sembelit
    Sembelit atau konstipasi ialah keadaan saat gerakan usus tidak teratur, hingga susah untuk bab dalam periode saat yang lumayan lama. Mandi atau merendam sama air hangat yang dikasih kombinasi garam Epsom, dipercayai bisa menjadi satu diantara langkah menanganinya.
  4. Menurunkan tanda-tanda wasir
    Wasir bisa terjadi dalam rektum atau di luar lubang anus. Keadaan ini disebabkan karena ada pembuluh darah yang membesar dan meradang di tempat itu.

Seorang yang terserang wasir umumnya akan berasa tidak nyaman karena gatal atau alami pendarahan pada anus. Mandi merendam air hangat minimal bisa menjadi satu diantara langkah menurunkan merasa tidak nyaman dan gatal.

  1. Menurunkan ngilu karena prostatitis
    Kelenjar prostat hasilkan cairan yang mengusung dan memberikan gizi pada sperma. Infeksi dan bengkak pada kelenjar prostat disebutkan dengan prostatitis. Keadaan ini bisa memunculkan rasa ngilu dan mengakibatkan seorang susah buang air kecil.

Prostatitis ialah keadaan yang penting mendapatkan pengatasan dokter. Tetapi, mandi air hangat berguna juga untuk pasien prostatitis untuk menurunkan keluh kesah ngilu.

  1. Menangani rasa gatal setelah proses episiotomi
    Beberapa proses persalinan membutuhkan episiotomi, yakni irisan pada bagian perineum untuk melebarkan jalan keluar bayi. Perineum ialah wilayah di antara vulva atau bibir kelamin sisi luar dengan lubang anus.
    Supaya tidak infeksi, cedera irisan di perineum harus dijaga kebersihannya. Perawatan cedera episiotomi diawali sebentar sesudah melahirkan.

Dengan mandi air hangat dibarengi memendam pantat, terutamanya sisi perineum, bisa bersihkan cedera episiotomi dan berguna untuk menurunkan rasa gatal atau ngilu disekitaran perineum.

  1. Menangani iritasi kulit
    Untuk pemilik kulit gatal dan iritasi, mandi atau merendam air hangat yang digabung bubuk oatmeal khusus bisa jaga kelembapan kulit dan kurangi iritasi kulit. Dampak mandi air hangat dapat menurunkan radang di kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *