Menggali Pengetahuan Tentang Kontraktor

Jika kalian melihat gedung-gedung besar berderet disepanjang jalan di kota-kota besar.Pasti kalian memandang takjub gedung tersebut dan bertanya-tanya bagaimana proses pembuatan gedung ini? Siapa yang membuat? Apakah gedung itu aman?.

Image result for gambar tentang kontraktor"

Tentunya pembuatan gedung itu memerlukan tenaga profersional dan perlu diketahui bahwa pembuatan gedung itu butuh tenaga besar dan banyak untuk membuatnya.Untuk itu dapat disimpulkan bahwa yang membuat proyek-proyek besar seperti itu pasti memerlukan bantuan jasa kontraktor.

Lalu apa yang telah kalian ketahui mengenai kontraktor? Kalian bisa mengetahui tentang kontraktor denga lebih dalam di sini

Menggali Pengetahuan Lebih Luas Tentang Kontraktor

Pengertian

Image result for gambar tentang kontraktor"

Sebelum kita menyinggung ke istilah yang lebih luas akan lebih baik jika kita mengetahui tentang kontraktor secara bahasa terlebih dahulu.

Dapat dikatakan bahwa kontraktor berarti pemborong atau dapat juga diartikan sebagai kontrak karena kontraktor berasal dari kata kontrak.

Untuk itu dalam pengertian lebih luas bahwa kontraktor adalah orang atau badan yang memborong atau dikontrak atau disewa dan ditugaskan untuk menjalankan suatu proyek berdasarkan syarat-syarat atau ketentuan yang telah ditentukan berdasarkan isi kontrak mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan.

Bagi kalian yang bingung dengan definisi general kontraktor perlu kalian ketahui bahwa pengertian general kontraktor dan kontraktor sama.Karena general kontraktor merupakan istilah lain dari kontraktor umum.

Wilayah usaha dalam bidang kontraktor mencakup wilayah yang luas dan masing-masing kontraktor memiliki fokus usaha maupun spesialis di bidangnya msing-masing contohnya adalah ada kontraktor di bidang bangunan penyedia jasa pelaksana kontruksi,bidang jasa pengadaan tenaga,bidang pertahanan dan militer,dan masih banyak lagi.

Kewajiban Kontraktor

Image result for gambar tentang kontraktor"

Pada dasarnya bahwa kontraktor memiliki tanggung jawab terhadap sarana dan metode yang akan digunakan untuk menjalankan sebuah proyek kontruksi sesuai dengan apa yang sudah tertera di surat kontrak.Hal yang terpenting dalam mengelola sebuah kontrak adalah bagaiaman cara untuk melindungi diri terhadap klaim ataupun tuntutan,serta mengajukan tuntutan dan klaim baik untuk hak langsung (pembayaran terhadap pekerjaan) dan hak tidak langsung (penyerahan lapangan terlambat).

Baca Juga!  Solusi Rumah bertingkat tahan gempa

Adapun tugas dan tanggung jawab kontraktor secara umum yaitu

  • Merencanakan perancangan serta pengendalian waktu,biaya,kualitas,dan keselamatan kerja dengan tepat
  • Membuat gambar-gambar pelaksanan yang tentunya sudah disetujui oleh konsultan terpercaya
  • Menjaga keselamatan pekerja dan masyarakat dengan meyediakan alat-alat keselamatan kerja seperti yang sudah tertera dalam peraturan
  • Melaksanakan pekerjaan sebaik mungkin sesuai dengan gambaran rencana,peraturan,penjelasan,syarat pekerjaan maupun syarat tambahan yang telah ditetapkan oleh pengguna jasa.
  • Menyerahkan seuruh ataupun sebagian pekerjaan yang telah diselesaikannya sesuai dengan ketetapan yang berlaku

Hak Kontraktor

Image result for gambar tentang kontraktor"

Adapula hak yang didapatkan dari perusahaan kontraktor

  • Mendapatkan kepastian mengenai pekerjaan untuk melaksanakan sebuah proyek,atau dengan kata lain bahwa pemilik proyek tidak membatalkan pelaksanaan proyek dengan sepihak selain ketentuan yang sudah tercantu dalam kontrakyang telah disetujui oleh kedua belah pihak.
  • Mendapatkan kepastian mengenai pembayaran setelah pelaksanaan pekerjaan proyek telah diselesaikan dengan tepat waktu
  • Tenaga kerja yang akan melaksanakan pekerjaan proyek mendapatkan jaminan asuransi

Untuk menjamin tidak ada salah satu pihak yang dirugikan maka kewajiban dan hak kontraktor tertulis di surat kontrak.

Perbedaan

Image result for gambar tentang kontraktor"

Telah disinggung bahwa kontraktor memiliki fokus dibidang usaha dan spesialis masing-masing.Kontraktor spesialis hanya melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan bidang yang mereka jalankan contohnya adalah kontraktor kolam renang,kontraktor mekanikal,dan kontraktor elektrikal.Berbeda dengan general kotraktor yang melakuakan pekerjaan kontruksi secara umum baik dalam kontruksi bangunan,gedung,maupun bangunan sipil.

Perbedaan lainnya juga terdapat dalam jumlah pekerja.General kontraktor memiliki lebih banyak pekerja karena jenis pekerjaan mereka secara umum dalam proyek kontruksi.Sedangkan kontraktor spesialis mereka tidak membutuhkan begitu banyak pekerja dan untuk pelaksanaan proyek besar,kontraktor spesialis lebih dibutuhkan sebagai jasa Sub-Kontraktor.Atau dapat didefinisikan kontraktor umum yang memenangkan tender dan kontraktor spesialis yang dibutukan kontraktor umum.

Cukup sekian yang dapat kami sampaikan mengenai kontraktor,semoga materi tersebut dapat menambah wawasan kita semua mengenai seputar kontraktor.

Baca Juga!  Update Daftar Harga Beton K300 Merah Putih

Tapi sebelum menutup artikel ini,kami ingin berbagi solusi bagi kalian semua yang ingin menjalankan sebuah proyek,jika kalian membutuhkan jasa general kontraktor yang terpercaya dan dapat mengerjakan proyek kalian semua dengan baik dan tentunya dengan hasil yang memuaskan,maka kalian bisa mengunjungi website https://www.adipranaindovesco.com/ untuk mengetahui tetang jasa layanan general kontraktor tersebut dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *