Olahan Keripik Beling Dijamin Mantap

Keripik Beling merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi saat bersama, keripik beling juga mudah di cari. Yuk baca artikel ini Olahan Keripik Beling.

Keripik Beling

Keripik Beling

Keripik beling adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung dan air yang dipanaskan hingga kental.

Kemudian adonan dijemur, ada pengusaha keripik beling lainnya yang menggunakan cara terbuka untuk mengeringkan adonan. Keripik beling yang terbuat dari singkong yang dipotong tipis-tipis seperti kaca.

Keripik beling juga disebut keripik kaca dan keripik beledag. Jajanan khas sunda yang rasanya makin nikmat saat dibumbui pedas ini cocok dijadikan teman untuk bersantai.

Olahan Keripik Beling

1. Olahan Keripik Beling

Bahan-bahan:

  • Tepung Tapioka 250 gram atau 15 sdm
  • Air bersih 700 ml ( 3 gelas Aqua)
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Olahan Keripik Beling:

  1. Campur ketiga bahan dan aduk rata hingga tepung larut.
  2. Masak dengan api sedang, aduk agar tidak gosong. Tunggu hingga campuran ketiga bahan mengental.
  3. Jika ternyata adonan tepung agak mengental, harap kecilkan api sampai kecil. Aduk terus sampai adonan menjadi fleksibel.
  4. Siapkan plastik (sebaiknya dengan pita pengukur) untuk mencetak keripik kaca dan biarkan mengering di bawah sinar matahari.
  5. Siapkan minyak goreng dan olesi dengan lembut semua permukaan plastik.
  6. Ambil adonan tapioka secukupnya dan letakkan di atas plastik. Timpa adonan yang sudah kita masukkan dengan plastik lain.
  7. Kemudian gulung sampai tipis (saya menggunakan botol kecap lama untuk menggulung campuran keripik kaca).
  8. Setelah menggiling, lepaskan plastik bagian atas secara perlahan.
  9. Keringkan adonan di bawah sinar matahari.
  10. Kemudian pengeringan selesai, gunting atau potong adonan keripik kaca sesuai selera.
  11. Setelah memotong atau memotong, keringkan kembali keripik kaca di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  12. Setelah proses penjemuran selesai, gunting atau potong adonan keripik kaca tersebut menurut selera.
  13. Kemudian potong keripik kaca tersebut, silahkan kita jemur kembali di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  14. Waktu pengeringan kedua adalah 2 hingga 3 jam.
  15. Setelah berjemur, keripik kaca sudah siap dan bisa diolah.
  16. Untuk membuat keripik kaca lebih renyah, teman-teman harus memasak keripik kaca lagi.
  17. Siapkan wajan dan sedikit minyak lalu panaskan minyak.
  18. Goreng keripik kaca dengan api kecil selama 5 – 10 menit sambil kita aduk.
  19. Terakhir, tambahkan bumbu sesuai selera.
Baca Juga!  Vendor pembuatan ruang karaoke terbaik

Catatan :

  • Saat mengeringkan keripik beling, pastikan keripik beling tersebut tidak keras.
  • Saat menggiling keripik beling, usahakan untuk terus menggilingnya sampai benar-benar tipis sehingga gurih dan renyah. Jika terlalu tebal, keripik kaca anda akan tetap keras bahkan setelah anda menggoreng dan membukanya.

2. Olahan Keripik Beling Original

Bahan-bahan:

  • Tambahkan 50 gram tepung tapioka.
  • Siapkan 250 ml air.
  • Siapkan seteguk garam.
  • Ambil 1 buah cabai Scht Bon.
  • Siapkan 5 lembar daun jeruk.
  • Ambil 2 sendok teh minyak goreng.

Cara Membuat Olahan Keripik Beling Original:

  1. Tambahkan tepung tapioka dan garam, tambahkan air dan aduk hingga mengental seperti lem dengan api kecil.
  2. Siapkan plastik yang kita olesi minyak, regangkan plastik untuk menuang adonan, lalu ratakan dengan botol (timbal) hingga setipis mungkin. Kemudian, tergantung pada panas dan tempat tinggal, keringkan selama 2 hari untuk mengeringkan ukuran adonan.
  3. Setelah kering, potong-potong sesuai selera, lalu tambahkan 2 sendok teh minyak goreng untuk menggoreng dengan api sangat kecil, goreng daun jeruk dengan sambal manis, lalu kita tambahkan kentang goreng, jangan terlalu banyak minyak dan jangan digoreng terlalu lama kemudian, kerupuk sebagai pengganti keripik bisa digunakan.

Popularitas Keripik Beling di Pasar Online

Industri makanan dan minuman untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia merupakan bisnis yang menggiurkan, termasuk industri keripik. Apalagi kentang goreng yang renyah dan gurih menjadi favorit keluarga Indonesia, dengan pilihan dari berbagai daerah dengan harga yang terjangkau. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk memasukan pasar online dan bersaing dengan produsen maupun produsen besar. Berdasarkan data yang dihimpun, bisnis chip dalam e-commerce memiliki rata-rata pangsa pasar 33,37 persen di tiga situs e-commerce besar Tokopedia (36,3 persen), Shopee (34,7 persen) dan Bukalapak (29,1 persen)).

Baca Juga!  Game Poker Online Terbaru 2017

Manfaat Singkong

Manfaat Singkong

Manfaat singkong rebus untuk diet bermanfaat untuk makanan penurun berat badan. Singkong merupakan salah satu umbi yang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat. Singkong biasanya diolah dengan cara digoreng, direbus, atau dimakan tepung.

Salah satu cara makan singkong yang sehat adalah dengan memasaknya. Manfaat singkong matang untuk diet dapat mengurangi konsumsi minyak yang berlebihan. Konsumsi gorengan merupakan salah satu faktor terbesar dalam penambahan berat badan.

Manfaat gizi dari singkong masak juga dibantu oleh kandungan vitamin dan mineralnya yang menyehatkan. Manfaat singkong masak juga bisa menjadi salah satu alternatif makan nasi putih. Manfaatnya dapat dikonsumsi dalam porsi yang wajar secara teratur.

1. Sumber Serat Sehat

Singkong mengandung serat sehat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi serat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Singkong juga mengandung pati yang sangat resisten, yang memiliki sifat yang mirip dengan serat larut.

2. Baik Untuk Pencernaan

Pati resisten pada singkong merupakan membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Dalam singkong juga memberi makan bakteri menguntungkan di usus yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Pati resisten ini terutama terdapat pada singkong yang sudah dimasak utuh, misalnya dengan cara direbus.

3. Kuatkan Otot

Menambah berat badan, karbohidrat dalam singkong membantu mengembangkan dan memperkuat otot. Singkong juga mengandung protein yang membantu menjaga kesehatan otot dan menutrisi jaringan.

Kalium dalam singkong membantu para lansia, serta kondisi yang cenderung menyebabkan pemborosan otot, seperti: B. ketosis diabetik untuk menjaga massa otot.

4. Dukung Berat Badan Ideal

Singkong mengandung karbohidrat kompleks yang berguna dalam menjaga berat badan ideal. Karbohidrat dalam singkong terdiri dari serat, lemak, dan kalori sehat.

Baca Juga!  Pengaruh Kuliner India, Tiongkok, Timur Tengah, Hingga Eropa Dalam Tradisi Kuliner Nusantara

Kandungan serat yang tinggi pada singkong membantu tubuh tetap kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

5. Bebas Kolestrol

Singkong yang dimasak bebas kolesterol. Singkong goreng cenderung meningkatkan risiko konsumsi lemak berlebihan, yang dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Konsumsi lemak yang berlebihan terkait dengan penambahan berat badan. Memasak singkong dapat membantu mengontrol kolesterol dan berat badan. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis. Jika tidak diobati, aterosklerosis dapat menyebabkan angina, serangan jantung, dan stroke.

6. Kuatkan Tulang

Singkong tidak hanya melangsingkan tubuh tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Singkong merupakan sumber kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang kesemuanya bermanfaat untuk tulang.

Kalsium merupakan bagian penting dari struktur tulang. Sedangkan magnesium penting untuk pembentukan tulang. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membangun tulang, dan kalium dapat membantu mencegah osteoporosis.

Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat olahan keripik beling yang saya berikan, Saya rekomendasikan menggunakan mesin peniris minyak agar kerja lebih mudah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *