Pelapis Lantai Parket Vinyl Dan Perbedaan Mendasar Dari Keduanya

Banyak yang masih bingung memahami lantai Parket Vinyl. Padahal keduanya adalah 2 hal yang sangat berbeda. Namun kenapa banyak yang terkecoh karena lantai vinyl terkadang dibuat dengan motif yang menyerupai lantai parket.

kunjungi juga: http://premiumupvc.com/lantai-vinyl-bandung/

Namun sederhananya parket vinyl adalah sama-sama material pelapis lantai. Artinya kedua material ini umumnya dimanfaatkan sebagai pelapis lantai. Sama halnya dengan material pelapis lantai lain seperti marmer, granit, dan keramik.

Lantai Parket Vinyl

Pada dasarnya kedua material pelapis lantai ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar, diantaranya seperti:

  1. Material Utama

Jika dilihat dari material pembuatnya, parket merupakan pelapis lantai yang terbuat dari bahan kayu asli. Sedangkan vinyl merupakan material pelapis lantai yang terbuat dari bahan sintesis berupa PVC atau Plyvinyl Chloride.

  • Motif

Dikarenakan terbuat dari bahan kayu asli maka jenis dan corak parket sangat dipengaruhi oleh jenis kayu yang digunakan. Sementara itu, secara motif vinyl cukup beragam. Bahkan cukup banyak motif yang tidak menyerupai motif kayu.

  • Cara Pemasangan

Pemasangan lantai parket tidak ada bedanya dengan memasang puzzle yang disambung satu dengan lainnya lalu diperkuat dengan palu. Sedangkan pemasangan lantai vinyl bisa menggunakan lem perekat. Selain itu vinyl juga bisa dipasang pada lantai yang sebelumnya sudah dilapisi material lain, seperti granit, marmer dan lain sebagainya.

kunjungi juga: http://premiumupvc.com/kusen-aluminium-bandung/

  • Harga Pasaran

Melihat bahan materi pembuatnya saja sebenarnya sudah bisa dilihat jika harga lantai parket lebih mahal dibanding vinyl. Namun tenang saja, pasalnya di luaran sana banyak sekali promo parket vinyl murah yang sudah menanti Anda.

  • Perawatan

Dari segi perawatannya, perawatan untuk lantai parket cenderung lebih sulit. Pasalnya material ini sangat rentan keropos dan lembab jika dibersihkan mengunakan air. Berbeda dengan lantai vinyl yang cara perawatannya sama dengan lantai granit, marmer, dan keramik, yakni cukup disapu dan dipel menggunakan alat kebersihan rumah.

  • Daya Tahan
Baca Juga!  Alasan Mengapa Rumah Minimalis Menjadi Favorit

Lantai parket tidak bisa dipasang pada tempat dengan kondisi ekstrim sebab bisa menyusut. Berbeda dengan lantai vinyl yang bebas dipasang di area mana saja. Pasalnya lantai vinyl tahan terhadap berbagai macam kondisi.

  • Kelemahan

Dikarenakan terbuat dari material kayu asli membuat lantai parket mudah dimakan rayap. Kemudian untuk lantai vinyl kelemahannya adalah mudah robek dan rusak jika terkena benda tajam.

Itulah hal paling mendasar untuk membedakan pelapis lantai parket dan vinyl. Semoga ulasan singkat di atas bisa semakin memudahkan Anda pada saat memilih pelapis lantai dari parket vinyl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *