Penggunaan Kreatif Bentuk dan Liner Dekoratif Beton

Teras, jalan setapak, jalan masuk, dan banyak permukaan horizontal lainnya telah dibentuk, dicap, dan diwarnai agar terlihat seperti batu bata, batu ubin besar, dan berbagai bahan lainnya selama bertahun-tahun. Memang, ini sering kali merupakan pengganti yang lebih ekonomis dan tahan pakai untuk barang asli. Sebagai teknik beton, hanya masalah waktu sebelum mulai memanjat dinding.

Saat ini, penggunaan bentuk dan liner dekoratif berarti proyek vertikal dapat bersifat struktural dan bagus untuk dilihat. Berkendaralah ke jalan raya dan Anda mungkin akan melihat beberapa contoh: penghalang suara dan jembatan, untuk menyebutkan dua saja.

Kami melakukan banyak pekerjaan jalan raya yang berat, kata John Toomey, manajer proyek Konstruksi Utara di Hingham, Mass. Satu dari setiap 10 jembatan [kami] memiliki desain berpola. Pola, seperti pola berusuk agregat yang terbuka, membuat mereka lebih estetis. Kami juga sering melakukan survey harga ready mix per m3 terbaru di berbagai perusahaan besar.

Dalam sebuah proyek untuk Six Flags New England, Konstruksi Utara menggunakan bentuk dekoratif untuk dinding penahan dan dinding situs, selain beton yang dicap. Perusahaan menggunakan pendekatan kreatif untuk tampilan kelas atas, menggunakan bingkai dan topi berwarna berbeda.

Mark Scott, salah satu pemilik Sistem Bata Inovatif di Boulder, Colorado, mengatakan bahwa perusahaannya menggunakan garis bentuk untuk membuat tekstur dan pola yang terlihat alami, tetapi juga menggunakannya untuk pekerjaan grafik khusus. “Kami melakukan proyek dinding suara di Baton Rouge, La., Di mana kami membuat bagian sebelumnya dengan pelikan, bunga lili air, dan efek pahatan lainnya.”

Di Virginia Beach, Va., Proyek tembok laut sepanjang 3,2 mil yang dituangkan di tempat selesai pada bulan Juni 2000. Dibentuk menjadi permukaan vertikal yang menghadap ke pantai adalah ikan, penyu dan lumba-lumba, serta anjing laut kota dan Korps Insinyur Angkatan Darat AS. Tapi dinding itu lebih dari sekedar dekoratif dan pelindung; itu juga informatif! Menurut Phill Roehrs, insinyur pesisir di City of Virginia Beach, Di setiap akses jalan, nomor jalan dicantumkan, sehingga Anda tahu di mana Anda berada saat berjalan menyusuri pantai.Aplikasi komersial dan residensial ringan berlimpah.

Fondasi dan buku besar yang terbuka, dinding bangunan dan rumah, dinding penahan dan lanskap, dan pintu masuk komunitas semuanya telah dibuat menarik secara visual dengan bentuk dekoratif dan garis bentuk. Untuk daya tahan dan keindahan, kedai anggur atau kilang anggur mungkin mempertimbangkan batang yang terbuat dari beton cor dalam pola batu sungai, kayu, atau bata simulasi untuk melengkapi dekorasi interior.

Dan jangan lupa, detail dekoratif kecil yang dapat mempercantik proyek yang lebih besar. Cameron Morgan, manajer umum Gambar Beton Pasifik di Laguna Hills, Ca., yang memproduksi liner bentuk profil arsitektur, menunjuk ke tepi kolam renang, tutup dinding, tangga, dan meja dapur beton yang dituangkan. “Formulir dapat dibundel untuk tutup yang lebih besar,” katanya, tidak seperti cetakan mahkota yang menumpuk. Pelapis bentuk polietilen perusahaannya bahkan telah digunakan untuk membuat barbekyu luar ruangan, lengkap dengan meja makan dan bangku beton.

Penggunaan bentuk dekoratif dan pelapis bentuk tampaknya hanya dibatasi oleh imajinasi dan kemampuan rekayasa. Produk spesifik mana yang akan digunakan, bagaimanapun, sering kali ditentukan oleh pekerjaan.

Sebuah produk untuk setiap proyek

Bentuk aluminium berpola lebih mahal, tetapi ringan dan tahan lama, lapor Becky Kennedy, perwakilan penjualan Precise Forms Inc. dari Kansas City, Mo. Dan tergantung pada seberapa baik mereka dirawat, ” Anda bisa mendapatkan 2.500 hingga 3.000 tuang, “tambahnya. Logam dicap untuk membuat pola. Precise Forms menawarkan dua jenis batu bata – halus dan bertekstur – dengan mortar dalam untuk detail ekstra, dan pola bergaris. Bagian dengan lebar 3 kaki dan tinggi 8 kaki memiliki berat 83 pon. Tersedia bentuk setinggi 10 kaki dan dapat ditumpuk, kata Kennedy.

Bentuk fleksibel ideal untuk proyek tuang di tempat. Dengan aplikasi tilt-up, bentuk liner dapat sebesar atau sekecil yang dibutuhkan tempat tidur tuang, menurut David Salisbury, presiden Polytek Development Corp. of Easton, Pa. “Cetakan karet fleksibel juga dapat digunakan untuk elemen arsitektur – tanda kurung, cetakan, huruf kapital, dan lainnya – apa pun yang tidak dapat dilakukan dalam bentuk yang kaku. Pelapis karet fleksibel digunakan baik dalam aplikasi pracetak maupun dengan GFRC (beton bertulang serat kaca) yang dapat disemprotkan dengan tebal sekitar 3/4 untuk membuat cetakan beton yang kuat, berlubang, dan ringan dari benda-benda yang sangat dekoratif.

Pelapis formulir ringan dan mudah ditangani, dan jauh lebih murah daripada formulir standar, kata Gale Fife, presiden Cobblecrete International of Orem, Utah. Jika Anda menggunakan bentuk 4 kaki kali 8 kaki atau 6 kaki kali 12 kaki, Anda tidak memerlukan banyak ikatan, jelasnya. Kami menyarankan Anda tetap dengan ukuran yang lebih kecil dan menumpuknya. Dinding akan lebih kuat dan Anda tidak akan menemui banyak masalah.

Dalam hal bentuk liner, Anda bisa mendapatkan desain apa pun yang Anda inginkan – standar hingga desain khusus. Form liner adalah investasi di muka, tetapi menawarkan penghematan waktu dan tenaga. Anda mungkin membayar $ 5.000 hingga $ 10.000 lebih banyak untuk liner kustom, lapor Scott, tetapi tidak ada yang seperti itu. “Pada proyek besar, ini bukan pengeluaran yang besar.”

Jika pekerjaan direkayasa dan dipasang dengan benar, Anda tidak dapat mengalahkan dinding yang dituangkan, terutama yang memiliki efek arsitektur, kata Mike Lowe Jr., direktur pemasaran Increte Systems of Odessa, Florida. Anda menghemat tenaga kerja dan total hidup biaya. Tekstur [dan polanya] terbuat dari bahan asli – batu tulis, granit, batu kapur, batu kali. Batu mahal, jadi di sinilah pelapis bentuk sangat hemat biaya. Biaya pemasangan lebih murah dibandingkan dengan veneer. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang degradasi atau delaminasi veneer, tambahnya.

Liner formulir tersedia dalam berbagai tingkatan, yang memiliki masa pakai berbeda. Berapa kali Anda perlu menggunakan formulir harus dipertimbangkan, serta biayanya. Misalnya, Anda hanya dapat menuangkan lima hingga 25 cairan dari bentuk busa yang jarang digunakan kembali. Jika diperlukan 50 hingga 60 tuang, Anda memerlukan formulir yang lebih berkualitas. Bentuk karet high-reuse dapat digunakan kembali 100 kali atau lebih, tergantung pada desain atau polanya.

Western Forms Inc. dari Kansas City, Mo., dan Milestones Inc. dari Hudson, Wis., Telah bekerja sama untuk membuat produk hibrid bernama Monotex. Paul Nasvik, pemilik dan presiden Milestones, mendeskripsikannya sebagai liner dan bentuk yang kaku yang bekerja bersama sebagai sebuah sistem. Bentuk uretan dicor ke dalam bentuk aluminium kaku Barat. Sistem pembentukan lain, dengan ikatan dan lapisan yang harus digabungkan dengannya, bisa sangat terlibat. Sistem pembentukan ini menghilangkan masalah perkawinan. Saat ini, sistem tersebut digunakan untuk membangun beberapa rumah Habitat for Humanity di Houston, Texas. Dorongan utama adalah berupaya menyampaikan ke pasar perumahan bahwa rumah beton dapat terlihat seperti rumah tradisional – dan dapat dilakukan dengan cepat dan murah, jelas Nasvik. Bentuk Monotex dikatakan dapat menangani 200 tuang per set untuk dinding eksterior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *