Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung

Ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan seseorang terkena penyakit jantung. Sebab timbulnya penyakit jantung tersebut dapat berasal dari diri kita sendiri maupun dari lingkungan sekitar kita.

Penyebab utama timbulnya penyakit jantung adalah adanya penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah jantung terutama penyumbatan pada arteri koroner yang dapat berfungsi dengan baik dalam mengalirkan darah ke seluruh bagian dalam tubuh.

Penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung itu bisa disebabkan adanya penumpukan lemak seperti kolesterol dan trigeliserda pada dinding pembuluh nadi jantung yang mengakibatkan asupan darah ke jantung menjadi berkurang.

Keadaan yang dibiarkan seperti ini terus-menerus, lama kelamaan akan membuat otot-otot jantung menjadi lemah karena aliran darah yang tersumbat tersebut mengakibatkan jantung tidak dapat melakukan pemompaan darah dengan baik serta asupan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh jantung, juga menjadi berkurang akibat aliran darah yang tidak lancar ini.

Satu yang sering menjadi pertanyaan kita adalah apa yang menyebabkan pembuluh darah jantung tersebut tersumbat lemak atau kolesterol? ada banyak hal, seperti yang telah disebutkan di atas yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung. baca juga agen foredi makassar

Pemicu tersebut dapat berasal dari berbagai faktor seperti :

  • dari diri kita sendiri yang suka mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan kaya akan lemak,
  • Penderita penyakit diabetes melitus atau memiliki bakat diabetes melitus yang memancing timbulnya penyakit jantung,
  • Penggunaan obat-obatan atau bahan kimia tertentu yang mengakibatkan pengapuran pada dinding pembuluh darah di jantung,
  • Kurang beraktivitas atau kurang berolahraga sehingga menyebabkan obesitas di mana penumpukan lemak terjadi hampir diseluruh bagian tubuh termasuk di pembuluh darah jantung,
  • Merokok dalam jumlah banyak dan selama bertahun-tahun, atau mengonsumsi alkohol juga menjadi pemicu timbulnya penyebab penyakit jantung.
  • Selain itu, ada pemicu yang berasal dari luar diri kita, seperti polusi udara yang hingga hari ini menjadi masalah sosial yang belum ada penyelesaiannya.
Baca Juga!  Manfaat Dan Kegunaan Buah Naga Untuk Kesehatan

Gejala Awal Kemunculan Penyakit Jantung

Di dalam tubuh manusia, jantung merupakan organ tubuh bagian dalam yang memiliki peranan yang sangat penting sebagai penunjang kehidupan manusia. mengapa demikian?

Karena fungsi jantung bagi tubuh kita adalah sebagai pemompa darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh agar setiap sel, otot, dan bagian-bagian tubuh tersebut mendapatkan asupan sari-sari makanan dan oksigen yang akan digunakan untuk proses metabolisme. artikel terkait: minyak kutus kutus makassar

Peran jantung yang sedemikian penting inilah yang membuat kita harus sungguh-sungguh memerhatikan kesehatan jantung kita agar jantung tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Dengan menjaga jantung kita agar terus dalam keadaan sehat, diharapkan kita dapat menghindari penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner yang merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Berikut ini gejala awal kemunculan penyakit jantung yang harus diwaspadai :

  1. Adanya rasa nyeri di dada sebelah kiri
  2. Terjadi sesak nafas
  3. Terasa lelah yang berlebihan
  4. Jantung berdebar-debar
  5. Pusing hingga pingsan

Jika keadaan ini muncul maka anda harus secepatnya mencari pertolongan untuk dibawah ke rumah sakit terdekat agar mendapatkan tindakan secepatnya.

Demikian informasi mengenai penyebab timbulnya penyakit jantung, semoga informasi ini dapat bermanfaat, artikel selanjutnya kami akan membahas mengenai Tindakan pertama yang harus dilakukan jika terjadi serangan jantung, cek disini infonya ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *