Penyedia Layanan Virtual Tour

Virtual tour untuk mengunjungi beragam destinasi dunia dari depan layar gawai dapat kita lakukan baik secara mandiri melalui berbagai aplikasi virtual tour maupun dengan mengikuti layanan yang disediakan oleh para operator wisata.

Banyak di antara penyedia layanan virtual tour ini yang merupakan agen wisata yang terpaksa banting setir ke dunia virtual karena pandemi. Karena itu, mengikuti tur virtual semacam ini juga merupakan salah satu kontribusi kita untuk mendukung para pelaku usaha pariwisata agar tetap mampu bergeliat di masa pandemi.

Layanan virtual tour umumnya dilakukan dengan aplikasi meeting seperti Zoom bersama host dan pemandu wisata yang menyampaikan beragam informasi dan fakta menarik seputar lokasi tujuan saat peserta mengunjungi destinasi. Ada tur yang disiarkan secara live dari lokasi, ada pula yang menampilkan video rekaman atau menggunakan Google Street View untuk menampilkan destinasi.

Berikut ini beberapa penyedia layanan virtual tour yang bisa Mama coba bersama keluarga.

Wisata Kreatif Jakarta (@wisatakreatifjakarta)

Menyediakan beragam wisata virtual dengan destinasi lokal maupun internasional melalui aplikasi Zoom. Beberapa tur tidak hanya menampilkan Google Maps atau video, melainkan juga disiarkan secara live dari lokasi tujuan oleh pemandu yang berpengalaman.

Buatiwa’s Virtual Trips (@biviti_id)

Buatiwa menyediakan virtual trips edukatif untuk anak-anak dengan berbagai destinasi yang menarik seperti menjelajahi hutan Indonesia, kebun binatang, offshore rig, hingga ke luar angkasa. Tur dilakukan melalui aplikasi Zoom bersama para tour guide yang berpengalaman di bidangnya dan para moderator yang ramah anak. Selain membuka tur untuk umum, Buatiwa juga melayani group tour, misalnya khusus untuk rombongan dari sekolah tertentu.

WisataSekolah (@wisatasekolah)

WisataSekolah adalah produk dari Outing.id yang merupakan penyelenggara wisata pendidikan yang menggunakan konsep kurikulum tematik sekolah termasuk field trip, study tour, ekskursi, juga program leadership untuk sekolah, universitas, dan tenaga pendidik. Di masa pandemi, WisataSekolah menyelenggarakan layanannya berupa virtual tour via aplikasi Zoom.

Bersukaria Tour Organizer (@bersukariatour)

Bersukaria Tour menyediakan beraneka paket tur dengan tema-tema menarik seputar destinasi lokal yang dikemas secara menyenangkan. Di masa pandemi, tur dikemas sebagai virtual tour melalui Zoom dan YouTube dipandu oleh host dan story teller untuk mendampingi peserta.

Atourin (@atourin.official)

Atourin menyediakan layanan wisata one stop solution ke berbagai daerah. Saat ini aneka destinasi ditawarkan dalam bentuk virtual tour melalui aplikasi Zoom, dipandu oleh pegiat dan pemandu wisata lokal. Beberapa tur disiarkan secara live dari lokasi tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *