Apa Perbedaan antara Anime, Kartun dan Manga Secara Umum?

Masyarakat Indonesia mungkin tidak lazim untuk melihat berbagai macam ilustrasi lucu yang diangkat ke dalam sebuah tayangan TV seperti anime sub indo. Namun, banyak dari mereka selalu keliru untuk membedakan antara anime, kartun dan manga yang mana selalu dinilai sama tanpa adanya perbedaan. Maka dari itu, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara ketiganya dapat diketahui dengan mudah dan tepat, antara lain :

  • Anime

Anime adalah suatu istilah yang dipakai bagi suatu film animasi dari Jepang, sedangkan penggunaan katanya berasal dari bahasa Inggris yang berarti animasi atau animation. Selain itu, anime dibuat dari suatu cerita manga yang telah diangkat ke layar lebar. Akan tetapi, seiring berjalan waktu rupanya telah hadir anime yang diproduksi tanpa unsur manga yang telah diceritakan sebagai tolok ukurnya.

  • Kartun

Kartun adalah salah satu karya yang lebih sering diproduksi untuk suatu film animasi dari luar Jepang dan umumnya sangat populer di Amerika Serikat. Namun, perlu diketahui bahwa sistem produksinya tidak jauh berbeda seperti membuat anime. Kartun biasanya lebih menggunakan penokohan berupa hewan dalam ceritanya dan anime cenderung menceritakan kehidupan manusia dan budaya Jepang.

  • Manga

Manga adalah sebuah istilah dalam bahasa Jepang yang ditujukan untuk sebuah cerita bergambar yang biasanya dicetak melalui sebuah komik. Pasalnya, manga selalu menjelaskan segala sesuatu dari segi tradisi, kebudayaan, dan pola hidup dari masyarakat Jepang. Tak hanya itu, kebanyakan dari mereka yang selalu menghasilkan kreativitas berupa manga biasanya disebut dengan nama mangaka.

Maka dari itu, ketiga perbedaan diatas perlu anda ketahui apabila merupakan salah satu dari sekian orang yang menjadi pencinta anime batch di tanah air yang sering keliru untuk membedakannya dengan kartun dan manga. Walaupun ketiganya cenderung menampilkan sebuah tayangan atau ilustrasi berupa animasi namun asal usul dan proses pembuatannya jelas berbeda dengan sosok yang tidak sama yang menjadi tolok ukur diantara ketiganya sehingga kian sukses sampai sekarang dan disukai semua orang.

Baca Juga!  Penyebab Utama Anime One Punch Man Season 2 Hancur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *