Inilah 4 Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Memanggil Jasa Arsitek

persiapan sebelum memanggil jasa arsitek
Persiapan sebelum memanggil arsitek

Bingung menentukan desain rumah impian yang nyaman dan sesuai dengan anggaran pembangunan yang ditetapkan? Mungkin memanggil jasa arsitek dapat menjadi solusi yang paling efektif bagi Anda yang ingin segera membangun rumah impiannya.
Mengapa memanggil jasa arsitek itu penting? karena selain mampu membantu Anda merencanakan dan mendesain bangunan rumah Anda, biasanya seorang arsitek juga mampu menyesuaikan estimasi dana pembangunan yang layak dikeluarkan. Inilah kunci utama yang berguna bagi Anda, sehingga Anda tidak meraba-raba lagi berapa dana yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan rumah impian Anda tersebut.

Namun demikian, supaya desain rumah Anda mampu terealisasikan dengan sempurna, ada baiknya Anda juga perhatikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memanggil jasa arsitek seperti di bawah ini, guna melancarkan proses pembangunan nantinya. Apa saja itu? Mari simak penjelasannya berikut ini:

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memanggil Jasa Arsitek

  1. Melihat Portofolio Si Arsitek


    Sebelum memanggil jasa arsitek untuk membantu Anda membangun rumah, hendaknya melihat terlebih dahulu portofolio atau contoh-contoh proyek rumah yang pernah mereka lakukan. Biasanya portofolio tersebut bisa Anda lihat di halaman website si arsitek atau Anda bisa juga meminta mereka mengirimkan contoh-contoh foto rumah yang pernah mereka kerjakan.
    Nah, gambar contoh rumah yang pernah mereka kerjakan ini lah yang menjadi patokan Anda untuk menilai kualitas si arsitek, apakah desainnya halus atau kasar dan sebagainya. Dan kalau memang ada contoh rumah si arsitek yang sudah dibangun oleh pemiliknya dan kebetulan berada di kota Anda, tidak ada salahnya Anda juga melaukan survey kesana. Lihatlah beberapa proyek yang pernah digarapnya, pastikan pula kualitas kinerjanya dalam menggarap sebuah proyek tersebut. Apabila terlihat cantik dan memuaskan Anda, tinggal Anda putuskan untuk memakai jasa arsitek tersebut dan memanggilnya.


  2. Memperhatikan Profesionalitasnya


    Dalam menilai kualitas jasa arsitek sebelum memanggilnya, Anda juga bisa melihat tingkap keprofesionalitasannya. Bisa dengan melihat apakah mereka punya portal resmi atau tidak. Biasanya arsitek professional memiliki portal website resmi yang berekstensi dot com atau TLD yang popular lainnya. Kalau arsitek itu hanya memiliki blog yang gratisan seperti blogspot dot com atau wordpress dot com, maka kita bisa menilai biro arsitek ini kurang professional.

    Selain itu lihat juga nama emailnya. Kalau masih menggunakan email gratisan seperti masih berektensi @gmail dot com, maka ini juga sebagai tanda bahwa jasa asitek itu kurang professional. Beda dengan jasa arsitek yang betul-betul menggunakan email berbayar seperti namaarsitek@namawebsite dot com.
    Selain itu guna meminimalisir kesalahpahaman dalam proses pembangunan, tanyakan juga pada arsitek terkait ruang lingkup kinerjanya. Sebab tak semua konsultan arsitek berperan sepenuhnya dalam pengerjaan desain bangunan, ada beberapa diantaranya yang hanya berperan sebagai desain gambar maupun include proses pembangunan saja.


  3. Menanyakan Lama Proses Pengerjaan Desain


    Hal yang perlu diperhatikan sebelum memanggil jasa arsitek selanjutnya adalah menayakan lama proses desain yang dilakukan, apakah dua minggu, tiga minggu atau satu bulan. Biasanya arsitek professional memiliki lama proses desain sekitar 14 hari kerja dan jarang yang bisa cepat dalam beberapa hari karena akan mempengaruhi kualitas gambar yang akan dihasilkan nantinya. Tapi juga tidak terlalu lama.
    Selain itu, pahami dan tanyakan juga kesediaan tim arsitek dalam memberikan konsultasi gratis setelah transaksi selesai dilakukan dan serah terima desain terjadi jika ada point yang kurang dimengerti untuk nantinya berdiskusi supaya mendapatkan hasil kerja yang sesuai kriteria klien.


  4. Menanyakan Harga Jasa Arsitek


    Ini mungkin adalah hal yang sangat penting yakni menanyakan harga atau biaya desain yang dipatokjasa arsitek. Jangan sungkan untuk bertanya berapa harga sewa yang dibandrol untuk menggunakan jasa arsitek dalam membantu Anda membangun rumah impian Anda itu. Sampaikan pula kebutuhan serta anggaran yang Anda persiapkan dalam merealisasikan proses pembangunan ini supaya nantinya arsitek mampu menyesuaikannya dengan keinginan Anda.
Baca Juga!  Alasan Mengapa Rumah Minimalis Menjadi Favorit

Demikianlah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memanggil arsitek guna membantu Anda untuk mewujudkan desian rumah idaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sekaligus menjadi alternatif paling efektif tatkala Anda bingung menentukan desain rumah yang sesuai dengan budget pembangunan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *