PROSEDUR PENDIRIAN PT DAN TAHAPANNYA

Pada tahun 2021 ini Anda dapat mengikuti prosedur pendirian PT hukum online, yaitu sebagian pendaftarannya dilakukan secara online. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Pengajuan Nama

Langkah pertama adalah mengajukan nama jasa pembuatan PT yang berdasarkan aturan terdiri dari 3 kata pada sistem pelayanan AHU Anda juga akan melakukan pembayaran melalui online.

Akta Perusahaan

Anda akan mendapatkan kata perusahaan yang didalamnya termuat identitas perusahaan terbatas yang Anda dirikan secara jelas. Tertulis Juga besarnya jumlah modal awal perusahaan Anda. Bahasa yang digunakan pada akat perusahaan adalah bahasa Indonesia yang formal dan baku. Kata ini kemudian disahkan oleh

KEMENKUMHAM.

Pengajuan Izin Prosedur Pendirian PT

Anda wajib mengajukan izin pendirian badan hukum dan menyetor Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Pengajuan SIUP dan NIB

Kedua jenis izin ini dikeluarkan oleh sistem Online Single submission (OSS) yang dapat Anda akses secara online. TDP telah berubah menjauh NIB yang berfungsi sebagai nomor pengenal.

Pendaftaran PT

Selanjutnya Anda dapat mengajukan pendaftaran PT pada Kemenakertrans atau pada Dinas Ketenagakerjaan.

Pengajuan BPJS Ketenagakerjaan

Langkah selanjutnya adalah mengajukan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan secara online untuk perlindungan bagi karyawan Anda. Anda dapat melakukan pendaftaran melalui BPJS Kesehatan.

Pengajuan NPWP

Anda mengajukan no NPWP perusahaan dan VAt collector Number NPPKP ( Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) melalui kantor pajak.

PROSEDUR PENDIRIAN PT PMA

Jika Anda berniat untuk mendirikan Perseroan Terbatas dengan skema penanaman modal asing( PMA), maka Anda wajib memahami prosedur pendirian PT PMA yang sedikit berbeda daripada pendirian PT non PMA.

Terdapat beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendirikan PT PMA di Indonesia. Berikut adalah persyaratan yang harus dipersiapkan.

-Fotokopi KTP atau paspor pendiri perusahaan baik WNI maupun WNA
-Fotokopi NPWP yang dimiliki oleh pemilik perusahaan
-Format Laporan Anggaran Dasar bagi pemohon yang berupa badan hukum.
-Email, alamat, dan Nomor telepon. perusahaan dan pemilik.
-Pas foto pemilik dengan latar belakang merah, ukuran 3×4 dan 4×6, 4 lembar.
-Surat Keterangan struktur organisasi kepengurusan dan kepemilikan saham atau modal
-Fotokopi IMB atau izin mendirikan bangunan yang dimiliki oleh PT PMA
-Fotokopi surat keterangan sebagai bukti pemakaian tempat usaha.
-Stempel perusahaan asku
-Asli Surat kuasa dari pemilik PT PMA

Untuk sektor industri melampirkan diagram alur produksi lengkap dengan rincian serta proses produksi dari bahan baku hingga produk jadi, Untuk usaha jasa lampirkan deskripsi lengkap kegiatan dan jasa yang menjadi produknya.


Surat pernyataan permodalan.

sebagai bukti modal Anda perlu mengajukan Izin prinsip. Pengajuannya membutuhkan identitas pemilik saham PT yang akan didirikan, surat keterangan rencana kegiatan usaha.

Sertakan pula surat kuasa mengurus pendirian PT PMA apabila pengurusan diserahkan kepada pihak yang mewakili perusahaan.


Dengan kemudahan mengajukan pendirian PT secara online. maka Anda wajib mempersiapkan dokumen bentuk digital untuk melengkapi prosedur pendirian PT pdf.

Hal ini disebabkan, ketika Anda melakukan pengajuan tersebut, Anda akan diminta untuk mengunggah sejumlah dokumen pada website tersebut.

Anda dapat mempersiapkan dokumen tersebut dengan cara menscan, mengubah dokumen awal menjadi pdf atau format dokumen yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin mendirikan perusahaan sendiri, tentu saja harus menguasai prosedur pendirian PT 2021 agar usaha yang Anda jalankan berbadan hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.