Pusat Logistik Berikat

Di dalam dunia bisnis, terdapat banyak istilah perlu untuk diketahui. Baik itu istilah yang berhubungan secara langsung dengan pengembangan bisnis, maupun yang secara tak langsung berhubungan. Salah satunya adalah pusat logistik berikat

Apa Itu PLB?

PLB adalah gudang multifungsi yang jadi tempat penimbunan barang ekspor dan barang impor untuk keperluan industri. Berikutnya, PLB dipakai menjadi pusat mengkonsolidasikan barang ekspor dan pusat pendistribusian barang impor. 

Di Indonesia, pertama kali PLB diresmikan Pemerintah di tahun 2015 sebagai solusi untuk menekan biaya logistik tinggi. Perlu untuk diketahui jika biaya logistik jadi indikator yang cerminkan tingkat efisiensi distribusi barang dari produsen ke titik tujuan. Sayangnya, biaya logistik di Indonesia termasuk yang mahal di antara negara ASEAN. Kondisi itu membuat harga dari bahan baku pun mahal. 

Sebelum adanya PLB, kebutuhan barang industri di dalam negeri harus disimpan lebih dulu di gudang Malaysia serta Singapura. Setelahnya, baru barang tersebut dikirim ke Indonesia. 

Anda pastinya bisa bayangkan kondisi itu sangat tak efisien, baik dari segi biaya maupun waktu. Barang butuhkan waktu yang lama untuk tiba di Indonesia serta biaya yang dikeluarkan bertambah karena harus mampir dahulu di negara lain.

Dengan adanya PLB, bisa pangkas biaya logistic serta pengiriman, dukung kemajuan industri domestik, serta dapat menjadikan Indonesia pusat logistik kawasan Asia Pasifik.  

Beberapa Manfaat PLB

  • Mempersingkat waktu perjalanan barang sehingga bisa bantu kurangi dwelling time di pelabuhan, karena bahan baku dapat langsung ditarik ke kawasan Pusat Logistik Berikat serta tak perlu untuk ditimbun lebih dulu pada gudang pelabuhan. 
  • Penundaan bea masuk kegiatan impor serta bea keluar kegiatan ekspor. Perusahaan yang simpan barang di PLB dari tempat yang lain pada luar daerah pabean di dalam jangka waktu ditentukan oleh aturan pemakaian PLB berhak dapatkan penangguhan bea masuk. 
  • Perusahaan itu tak dipungut PDRI (Pajak dalam Rangka Impor).
  • Diberikan pembebasan cukai.

Itulah yang dimaksud dengan Pusat Logistik Berikat dan sejumlah manfaatnya. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.