Resep Pisang Goreng Pasir Pasti Enak

Pisang goreng merupakan salah satu cemilan yang banyak diminati setiap orang. Cemilan ini biasanya di konsumsi sangat bersama, resep pisang goreng pasir juga mudah di cari.

Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng adalah salah satu jenis makanan ringan yang sering di temukan di berbagai daerah. Makanan ini di buat dari buah pisang. Pisang Goreng sering ditemukan dijual di warung Tegal (WARTEG) atau warung kopi (WARKOP) sebagai makanan pendamping teh dan kopi.

Tidak heran masyarakat di Indonesia yang memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam pohon pisang. Tidak memerlukan lahan yang sangat luas, Lalu bisa menggunakan sedikit ruang yang tersisa di halaman rumah untuk ditanami satu pohon pisang.

Dengan menanam pohon pisang di sekitar halaman rumah, Setelah itu bisa menjadi cadangan makanan untuk mengonsumsi sehari-hari.  Sebab pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Resep Pisang Goreng Pasir

1. Resep Pisang Goreng Pasir

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • Belah menjadi 2 bagian
  • 5 sdm terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • Sejumput garam
  • Air secukupnya
  • Tepung panir secukupnya

Cara Membuat Resep Pisang Goreng Pasir:

  1. Jadikan satu semua bahan kering, lalu tambahkan air secukupnya sampai dengan kekentalan yang pas. Tes rasa.
  2. Celupkan pisang ke bahan pencelup, lalu gulingkan ke tepung panir.
  3. Panaskan minyak hingga benar-benar panas dengan api sedang.
  4. Goreng di minyak panas sampai matang dan kuning kekemasan. Angkat dan sajikan.

2. Resep Pisang Goreng Pasir Crispy

Bahan-bahan:

  • 5 buah pisang kepok/raja yg manis & matang tapi masih agak keras
  • Bahan basah:
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 sdm gula pasir
  • sejumput garam
  • secukupnya air
  • Bahan kering:
  • secukupnya tepung roti
Baca Juga!  Stadion-Stadion Terkenal yang ada di Jogja

Cara Membuat Pisang Goreng Pasir Crispy:

  1. Iris pisang tipis (aku bagi 2 melintang). Kalau mau dibuat kipas boleh juga ya
  2. Buat bahan basah: beri air sedikitdikit sampai adonan lumayan kental dan tidak terlalu cair (kira-kira aja)
  3. Dalam wadah lain, siapkan tepung rotinya. Aku pakai yg warna oren biar lebih cantik jadinya
  4. Ambil pisang, celupkan ke adonan basah, angkat
  5. Gulingkan ke tepung roti. Tekan-tekan supaya menempel. Diamkan 10 menit
  6. Panaskan minyak api sedang, goreng sampai matang. Camilan mudah dan enak siap disantap

5 Jenis Pisang di Indonesia

Jenis Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang selalu ada di setiap musim di Indonesia. Ada sekitar 246 jenis pisang yang bisa anda konsumsi baik secara langsung maupun mengolahnya menjadi beragam cemilan.

Selain rasanya yang enak dan lezat. Pisang juga kaya akan mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti potassium, karbohidrat, mineral, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium. Pisang juga mempunyai banyak khasiat , misalnya menurunkan tekanan darah tinggi sampai menangkal radikal bebas.

Bahkan seluruh bagian pisang, mulai dari buah, kulit, daun, dan batang pohon sampai dengan bunganya bisa dikonsumsi. Sampai beragamnya jenis pisang tak jarang membuat orang kebingungan bagaimana cara memilih dan mengolah pisang secara tepat.

1. Pisang Ambon

Adalah salah satu jenis pisang yang paling mudah dan banyak ditemui di Indonesia. Jenis ini paling banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Ciri-cirinya adalah memiliki tekstur kulit yang halus berwarna kuning atau hijau. Buahnya berwarna putih dengan rasa manis dan tidak berbiji.

2. Pisang Kepok

Jenis pisang ini paling populer di Indonesia, aslinya berasal dari Filipina. Pisang ini terdiri dari 2 jenis, Yaitu: Pisang kepok kuning dan pisang kepok putih merupakan jenis pisang kepok yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Umumnya pisang berwarna kuning memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang pisang kepok putih.

Baca Juga!  Aqiqah Bandung Murah

3. Pisang Seribu

Jenis pisang ini adalah jenis yang paling banyak diminati, karena mempunyai ciri khas rasa harum dan legit. Lalu pisang ini memiliki ukuran yang sangat standar dengan warna kulit hijau saat masih mentah dan berubah menjadi kuning keemasan saat sudah masak.

4. Pisang Varigata

Banyak sekali yang menyatakan bahwa pisang ini mirip dengan mentimun. Lalu memiliki ciri khas rasa yang mirip dengan pisang berlin yang cocok dihidangkan di atas meja. Ternyata kulit pisang ini juga bisa dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah.

5. Pisang Mas

Adalah pisang yang sangat mungil dan amat terkenal di indonesia. Jenis pisang ini terdapat di seluruh tanah air, lalu cocok dijadikan campuran dalam pembuatan kue dan cemilan lainnya, setelah itu kerap dikonsumsi dengan cukup dicelupkan ke dalam cokelat leleh.

Zat Dalam Buah Pisang

Dalam satu buah pisang berukuran sedang mengandung potassium atau kalium, serat, dan zat besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori.

5 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman pisang merupakan tanaman yang serbaguna, mulai dari akar (rhizome) sampai daun dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Air yang terkandung dalam bonggol secara tradisional dapat di gunakan sebagai obat anti sakit perut, dan pendarahan pada usus.

Batangnya dapat digunakan sebagai penghasil serat untuk bahan baku kain dan sebagai makanan ternak. Daunnya dapat di gunakan untuk pembungkus berbagai makanan seperti nasi, makanan kecil dan lain-lain.

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi

Kalium yang terdapat dalam pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Serat makanan dalam pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

Baca Juga!  Cara Membuat Gula Cair untuk Minuman Dingin yang Segar

2. Sumber Energi dan Mampu Meningkatkan Stamina

Anda tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum latihan. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Dibandingkan apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lebih banyak.

3. Melancarkan Pencernaan dan Metabolisme

Pisang matang membantu membuang limbah dari proses metabolisme tubuh. Salah satu manfaat pisang untuk pencernaan adalah membantu meringankan masalah pencernaan seperti sembelit karena kandungan seratnya. Ditambah lagi, makan pisang akan membantu ginjal membersihkan darah.

4. Mendukung Program Diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan sehat. Apalagi, buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

5. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi sayur dan buah-buahan, termasuk pisang, dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Ini diduga karena kandungan serat dan antioksidan dalam pisang.

Itulah resep pisang goreng pasir yang bisa harus anda coba, atau bisa anda jadikan sebagai ladang rejeki. Semakin unik pisang goreng pasir yang disajikan, akan semakin banyak peminatnya. Tetap jadikan rasa sebagai unggulannya. Saya rekomendasikan menggunakan mesin peniris minyak agar kerja lebih mudah Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *