Sakit Gigi Sampai Kepala dan Telinga, Apa Keadaan yang Serius?

Sakit gigi yang dirasa sampai kepala dan telinga sering terjadi. Sakit gigi saja sudah tentu akan mengusik kegiatan setiap hari. Apa lagi bila sakitnya merambat ke anggota badan lain, seperti kepala, mata, dan telinga. Bila tidak selekasnya diatasi, permasalahan mulut dan gigi bisa turunkan kualitas hidup.

Lalu, kenapa hal itu dapat terjadi?
Pemicu sakit gigi sampai kepala dan telinga

Pada bentang tahun 2007 sampai 2013, Pusat Data dan Info Kementerian Kesehatan RI (Pusdatin) 2014 mengatakan, berdasar penelitian Kesehatan Dasar (Riskesdas), jumlah warga Indonesia yang alami permasalahan mulut dan gigi naik dari 23,2% jadi 25,9 %.
Pemicu sakit gigi sampai kepala dan telinga juga berbagai macam. Beberapa pemicu sakit gigi yang sering ditemui ialah gigi berlubang, gigi patah, sampai gigi bungsu yang tumbuh tidak normal

Saat kita berasa nyeri atau ngilu pada bagian gigi tertentu, bisa saja kepala juga turut berasa sakit, bahkan juga berdenyut.
Sakit gigi sampai kepala dan telinga kuat hubungannya dengan tanda gusi bengkak. Masalahnya tiap anggota badan sama-sama tersambung dengan saraf.

Sakit gigi kuat hubungannya dengan migrain

Peristiwa sakit gigi sampai kepala dan telinga ada hubungannya dengan saraf trigeminal. Saraf ini menyambungkan kepala dengan sisi bibir, pipi, telinga, rahang, dan rongga hidung, terhitung gigi.

sakit di kepala pada migrain disebabkan ada rangsangan mekanis, elektris, atau kimiawi, seperti ada darah atau infeksi. Pada sakit gigi, ada peluang gigi itu alami infeksi bakteri, sama dalam gigi berlubang.
Infeksi ini memunculkan rasa mual dan ngilu berdenyut. Kesan ini juga sering ada pada migrain.
Saraf trigeminal ini turut serta dengan munculnya migrain. Karena saraf trigeminal menyambungkan dengan gigi, karena itu rangsangan infeksi pada gigi berlubang juga mengakibatkan migrain. Berikut yang menerangkan jalinan sakit gigi dengan sakit di kepala.

Sakit gigi terkait dengan telinga

Selainnya kepala, anggota badan yang berkaitan dengan sakit gigi ialah telinga. Tetapi, sebetulnya, pemicu yang memicu keluh kesah ini ialah masalah persendian temporomandibular.

Persendian ini ialah yang menyambung rahang dengan tengkorak, lokasi persisnya di muka telinga. Abnormalitas pada persendian ini bisa mengakibatkan sakit gigi, misalkan bila sendi tidak berperan secara benar, tidak sejajar, atau minimnya pelumas pada persendian.
Merasa sakit gigi pada kasus ini dapat merambat sampai ke telinga karena status persendian temporomandibular memang ada di dekat telinga.

Sakit gigi dan dampaknya pada mata

Sakit di kepala sampai ke kepala, telinga, dan mata rupanya berhubungannya. Sakit gigi, khususnya karena infeksi bakteri seperti gigi berlubang, bisa mengakibatkan ngilu yang berdenyut sampai ke tempat mata. Ini karena saraf disekitaran muka dan mata turut dipengaruhi.

Langkah kurangi merasa sakit gigi sampai kepala dan telinga
Merasa sakit gigi sampai kepala dan telinga bahkan juga mata sekalinya kadang tidak bisa tertahan. Tetapi, ada ada langkah sebagai bantuan pertama untuk menurunkan rasa ngilu itu. Berikut langkah untuk kurangi merasa sakit gigi sampai kepala dan telinga:

Kumur sama air garam hangat

Sakit gigi sampai kepala dan telinga dapat dikurangkan sama air garam. Garam bisa dibuktikan kurangi infeksi di bagian gusi.

Riset yang diedarkan jurnal Plos One memperlihatkan, mencuci mulut dengan larutan garam sanggup tingkatkan kesehatan gusi. Gusi yang terkena larutan dengan kandungan garam tinggi membuat infeksi menyusut dan jaringan yang hancur karena cedera juga cepat sembuh

Kompres dingin

Kompres dingin pada gigi yang sakit. Temperatur dingin membuat pembuluh darah juga menjadi kecil. Karenanya, merasa sakit juga menyusut. Dingin juga sanggup kurangi bengkak dan infeksi.
Tetapi, harus diingat, janganlah lekas melekat es pada wilayah yang sakit. Kebat es dalam kain lebih dulu, lalu tempel kompres dingin ke wilayah yang ngilu.

Pakai benang gigi (dental floss)

Tersisa makanan yang ketinggalan di selang gigi sanggup membuat gigi sakit karena terkena bakteri. Karena itu sesudah sikat gigi dan berkumur, pakailah benang gigi (dental floss).
Benang gigi bisa bersihkan antara gigi yang tidak dapat dicapai oleh bulu-bulu sikat gigi.

Konsumsi parasetamol

Parasetamol ialah obat penurun ngilu yang baik untuk sakit gigi. Obat ini bekerja mengadang reaksi kimia yang memberi info merasa sakit ke otak.

Tetapi, tidak boleh tambahkan aspirin atau antinyeri langsung ke sisi gigi yang sakit. Ini dapat membuat gusi mengalami iritasi seperti terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.