Solusi Rumah bertingkat tahan gempa

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Memiliki rumah yang nyaman dan dapat membuat penghuni merasa aman adalah salah satu faktor yang harus dimiliki oleh bangunan tempat tinggal. Memiliki rumah bertingkat tentu menjadi impian bagi sebagian besar orang yang ingin memperluas huniannya namun bertempat tinggal di lingkungan yang padat penduduk. Sehingga tidak memiliki lahan kosong untuk memperlebar luas rumah.

panel lantai

Salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan merenovasi rumah dan menjadikannya bertingkat. Apalagi akhir – akhir ini di Indonesia sering terjadi gempa bumi. Dampak yang dirasakan juga cukup meresahkan warga yaitu rusaknya bangunan pemukiman warga maupun gedung gedung tinggi lainnya. Sebagian besar korban meninggal akibat tertimbun reruntuhan dari bangunan. Tetapi ada beberapa bangunan yang tetap kokoh meskipun ada sedikit kerusakan di beberapa sudut bangunannya.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari bangunan tersebut sudah didukung oleh material berbobot ringan namun memiliki struktur kuat yang dapat meminimalisir kerusakan saat terjadi gempa. Sehingga pemilihan material untuk bangunan menjadi hal yang sangat penting jika akan mendirikan ataupun merenovasi rumah.

Pemilihan material bangunan yang tahan gempa menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum merenovasi ataupun membangun rumah. Lalu material seperti apakah yang harus digunakan? Tentunya material yang berkualitas dan juga sudah teruji kekuatannya sehingga dapat membuat bangunan menjadi lebih tahan lama. Untuk struktur rumah yang berkualitas material yang perlu digunakan yaitu material yang memiliki bobot yang ringan namun memiliki kuat tekan yang baik.

Beberapa material yang dapat digunakan yaitu Bata ringan, panel sandwich, panel lantai, dll. Material ini merupakan material terbaru pengganti material bangunan lama yang memiliki kualitas terbaik dari material yang sebelumnya. Material bangunan ini juga sudah melalui berbagai uji lab dan termasuk material bangunan yang memenuhi standar Nasional Indonesia dalam kategori bangunan tahan gempa.

Baca Juga!  Hostel in Uruguay: Cara Gunakan Partikel DE dalam Bahasa Jepang

Material bangunan yang tahan gempa saat ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan karena keadaan di Indonesia yang rawan terhadap gempa. Sehingga dengan adanya material yang memiliki sifat lebih tahan terhadap gempa ini, masyarakat dapat meminimalisir dampak terparah dari kerusakan rumah yang terjadi saat gempa.

Apalagi untuk bangunan rumah maupun gedung yang bertingkat, struktur bangunan yang kuat dan kokoh sangat diperlukan agar tidak memberatkan bangunan yang ada dibawahnya. Alternatif terbaik yang dapat digunakan untuk bangunan yang bertingkat yaitu menggunakan panel lantai sebagai pengganti cor dak konvensional yang tentunya memiliki bobot 3x lebih ringan daripada cor dak konvensional.

Selain itu panel lantai juga memiliki lebih banyak kelebihan yang signifikan dibandingkan dengan cor dak konvensional. Namun apakah yang dimaksud dengan panel lantai itu? Panel lantai adalah beton ringan berbentuk lembaran yang memiliki bentuk presisi yang didesain khusus dengan menggunakan tulangan besi wiremesh anti karat didalamnya dan selimut betonnya berbahan dasar pasir silika yang diproses menggunakan teknologi aerasi terbaik. Panel lantai menjadi material yang sedang tren di kalangan kontraktor karena kekuatan dan kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu panel lantai juga bersifat memiliki insulasi panas dan suara yang baik, lebih tahan terhadap air dan api, dan memiliki bentuk yang presisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *