Teks Biografi: Struktur dan Ciri – Ciri Teks Biografi

Kata Biografi berasal dari bahasa Yunani yakni ‘Bios’ dan ‘Graphien’, Bios berarti ‘arti hidup’ dan Graphien memiliki arti ‘tulis’. Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengenai teks biografi mulai dari pengertian, sturktur dan ciri – ciri teks biografi.

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai teks biografi, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai pengertian teks biografi, simak dengan baik.

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi adalah teks yang berisi tentang cerita atau kisah seseorang dalam menjalani kehidupan supaya cerita dari tokoh tersebut menjadi panutan bagi para pembaca teks biografi. Teks ini umumnya berisi semua tentang tokoh yang sedang diceritakan, yang bisa berupa kelebihan, sampai juga kekurangan tokoh tersebut.

Struktur Teks Biografi

Teks ini mempunyai 3 (tiga) struktur yang membentuk, yaitu orientasi, peristiwa dan masalah, lalu yang terakhir adalah reorientasi. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga struktur teks biografi tersebut.

• Orientasi, adalah bagian pengenalan dalam sebuah teks biografi, pada bagian ini berisi tentang gambaran tokoh yang akan diceritakan dalam teks ini.
• Peristiwa dan Masalah, bagian ini berisi kejadian dan peristiwa yang dialami oleh si tokoh yang sedang diceritakan, tapi biasanya bagian ini berisi perjalanan suksus si tokoh.
• Reorientasi, bagian ini hanya sebagai pelengkap dari teks biografi (bagian ini bersifat opsional). Umumnya bagian ini berisi pandangan si penulis teks biografi kepada tokoh yang sedang diceritakan.

Ciri – Ciri Teks Biografi

Seperti teks yang lain, teks biografi juga memiliki ciri atau karakteristiknya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri teks biografi, antara lain.

• Strukturnya cukup jelas, yakni bagian Orientasi, Peristiwa dan Masalah, lalu terkadang ada juga yang memiliki bagian Reorientasi.
• Isi dalam teks ini berupa hal yang bersifat fakta (bukan fiktif atau pun mengada ada).
• Teks ini menceritakan kisah hidup sukses seseorang yang bisa kita jadikan sebagai teladan.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai teks biografi. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafakn dan dimaklumi.

Baca Juga!  Tips Merencanakan Biaya Menikah

www.pintarnesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *