Tips Membeli Mesin Penggiling Daging

Mesin penggiling daging

Apabila Anda ingin membeli mesin giling daging listrik, ada bagusnya Anda perlu mengerti terlebih dulu tentang jenis mesin penggiling yang bagus. Jangan lupa juga untuk mengetahui terlebih dulu komponen dan cara pengoperasian mesin.

Berikut ini ada beberapa tips memilih alat mesin giling daging bermutu, antara lain:

– Pilihlah mesin yang menggunakan bahan material yang berkualitas.
Alat yang dibentuk dari bahan yang kurang baik akan berefek pada proses dan juga hasil gilingan daging. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, direkomendasikan untuk memakai mesin dari bahan dasar stainless stell, dan untuk alat penggilingnya terbuat dari bahan baja.

– Perhatikan rincian mesin.
Rincian mesin dapat dilihat dengan memperhatikan berapa besaran daya watt, voltase, berat mesin, kapasitas, dan dimensi mesin. Dianjurkan untuk mencari spesifikasi mesin yang cocok dengan apa yang Anda perlukan.

– Selaraskan dengan dana Anda.
Ini merupakan tips yang penting, jangan memaksakan untuk membeli mesin melampaui dana yang dimiliki karena nantinya bisa membebani Anda sendiri. Mesin penggiling daging tersedia beraneka ragam jenis dan harga yang tidak sama, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Di masyarakat alat giling daging ada yang dirakit dari material besi dan kuningan, kedua bahan tersebut tidak disarankan untuk digunakan. Bahan besi mempunyai kekurangan yaitu mudah karatan yang nantinya dapat tercampurnya karat pada adonan daging dan bisa berdampak buruk bagi tubuh, dan alat gilingan dari kuningan dapat mengakibatkan kelunturan dan tercampur pada daging, hal tersebut bisa mengakibatkan kualitas olahan daging menjadi kelihatan tidak segar lagi.

Cara Merawat Alat mesin Penggiling Daging

Melakukan perawatan mesin yang tepat akan mempertahankan umur mesin lebih lama, menghindari kerusakan pada mesin, dan untuk mejaga hasil yang diperoleh nantinya tetap bagus. Di bawah ini beberapa cara yang sebaiknya dilakukan untuk merawat alat mesin penggiling daging:

– Selalu usahakan untuk menjaga alat tetap dalam kondisi bersih dan kering ketika sedang tidak dioperasikan

– Sebelum proses penggilingan, irislah daging agar tidak terlalu besar. Dengan ukuran yang pas akan lebih mudah ketika melakukan proses penggilingan, selain itu mesin akan lebih awet dan hasil yang didapat lebih halus merata

– Perhatikan tingkat ketajaman pisau penggiling, usahakan supaya selalu bersih dan tidak berkarat. Setiap selesai digunakan pastikan untuk dicuci dan di lap sampai bersih

– Sesuaikan grind mesin giling dengan hasil gilingan daging yang dibutuhkan. Pilih grind yang benar dengan maksud olahan, contohnya saja apabila untuk bakso, pilih grind yang lebih kasar, dan untuk sosis dipilih yang lebih halus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *