Tugas Dan Tanggung Jawab Human Capital Dalam Sebuah Perusahaan

Inilah Tugas Dan Tanggung Jawab Human capital Dalam Sebuah Perusahaan – Sebuah perusahaan hanya bisa berjalan jika hasil kerja setiap divisi dalam perusahaan berjalan dengan lancar. Untuk mencapai kesuksesan yang ditargerkan oleh perusahaan, tentu perusahaan harus melibatkan pihak-pihak yang handal dalam perusahaan.

Karyawan-karyawan yang handal direkrut dengan harapan bisa membantu pencapaian target yang dimiliki perusahaan. Namun tentu dalam sebuah perusahaan bukan hanya operasional perusahaan yang harus dikelola, namun karyawan yang ada di perusahaan juga harus dikelola sedemikian rupa agar tidak mengganggu operasional perusahaan.

Untuk mengatur dan mengelola segala hal yang berkaitan dengan kepegawaian, biasanya sebuah perusahaan akan membangun team human capital.

Tugas dan tanggung jawab human capital ini berkaitan erat dengan kebutuhan perusahaan terhadap karyawannya, begitu pula sebaliknya. Lantas sebenarnya apa saja yang menjadi cakupan pekerjaan team human capital ? Berikut ulasannya yang kami ambil dari blog chokingman.

Merekrut Karyawan

Tugas pertama yang dilakukan oleh team human capital adalah merekrut karyawan. Proses perekrutan yang dilakukan team human capital terdiri dari memasang iklan lowongan kerja, menyeleksi calon karyawan, hingga melakukan tanda tangan kontrak kerja dengan karyawan yang direkrut.

Mengatur Posisi Kerja Karyawan

Setelah merekrut karyawan, team human capital juga akan bertanggung jawab terhadap penempatan posisi kerja dari karyawan tersebut. Team human capital akan menginformasikan posisi kerja karyawan yang bersangkutan setelah berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai kebutuhan karyawan di posisi tertentu.

Memastikan Beban Kerja Karyawan Sesuai

Tugas dan tanggung jawab human capital selanjutnya adalah memastikan karyawan memiliki beban kerja yang sesuai. Team human capital akan mengukur performa perusahaan untuk menentukan apakah beban kerja karyawan yang ada saat ini sesuai atau tidak. Jika beban kerja karyawan dinilai terlalu belebihan, maka team human capital bisa melakukan perekrutan karyawan kembali.

Baca Juga!  Kriteria Perlengkapan Bayi Murah Namun Berkualitas

Mengelola Data Karyawan

Tugas lainnya yang dimiliki oleh team human capital adalah mengelola data karyawan yang ada. Data karyawan bukan hanya berkaitan dengan data pribadi saja, namun juga berkaitan dengan fasilitas yang disediakan perusahaan untuk karyawan tersebut. Seluruh data berkaitan dengan fasilitas seperti asuransi, dan data insentif karyawan harus dikelola oleh human capital.

Memastikan Perlengkapan Kerja Karyawan

Tugas dan tanggung jawab human capital juga berhubungan dengan perlengkapan dan peralatan yang digunakan oleh karyawan selama bekerja. Team human capital akan mengelola data yang berkaitan dengan peralatan kerja seperti penyusutan peralatan dan lain sebagainya untuk memastikan karyawan bisa bekerja dengan baik.

Mengelola Data Gaji Karyawan

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa human capital mengurus segala hal yang berkaitan dengan karyawan. Salah satu tugas pokok human capital adalah mengelola data gaji karyawan dengan tepat agar gaji karyawan bisa tersampaikan pada karyawan yang bersangkutan.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab human capital yang ada dalam sebuah perusahaan. Team human capital memang memiliki peranan yang cukup besar dalam sebuah perusahaan. Jika human capital melakukan seluruh tugasnya sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan, maka perusahaan akan berjalan dengan lancar karena karyawannya dikelola dengan baik.

Setiap perusahaan tentu menganggap karyawannya sebagai harta yang paling berharga. Kehadiran team human capital merupakan salah satu usaha perusahaan untuk mempertahankan asetnya dengan baik. Agar aset perusahaan berupa karyawan tetap terjaga, perusahaan harus membuat sebuah team human capital yang efektif.

Memastikan tugas dan tanggung jawab human capital terpenuhi sesuai kebutuhan perusahaan merupakan salah satu cara untuk membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Pengelolaan karyawan yang baik akan membuat perusahaan mencapai targetnya dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga!  Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *