Usaha Jangka Panjang Dengan Modal Kecil Mendapatkan Untung Besar

Usaha jangka panjang panjang dengan modal kecil tidak hanya berupa investasi atau tanam modal dalam bentuk perhiasan, ada beberapa usaha yang mampu bertahan hingga beberapa puluh tahun kedepan namun dapat di create dengan modal minim sesuai budget kita sebagai calon pengusaha, berikut ini adalah beberapa cara dan tips usaha jangka panjang yang mampu bertahan hingga beberapa puluh tahun kedepan.

Usaha Jangka Panjang Dengan Modal Kecil

1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner bisa di bilang usaha yang tidak ada matinya. Karena setiap manusia selalu membutuhkan makanan, apalagi jika makanan tersebut enak dan menggugah selera, pasti semua orang akan tertarik mencobanya. Itulah mengapa setiap hari semakin banyak rumah makan ataupun restoran-restoran baru yang berkembang dan menawarkan menu makanan yang enak.

2. Usaha Jangka Panjang Dengan Modal Kecil Usaha Distro

Pakaian tak lagi menjadi sekedar kebutuhan melainkan sudah menjadi gaya hidup manusia modern. Itulah mengapa setiap tahun model pakaian akan selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman. Tentu ada peluang bisnis yang menjanjikan di sini yakni usaha distro yang merupakan usaha pakaian modern yang modis dan banyak di gemari oleh masyarakt sekarang.

3. Usaha Jangka Panjang Dengan Modal Kecil Usaha Kaos Pre-order

Industri fashion memang tak pernah ada matinya. Tetapi, membuka bisnis distro membutuhkan modal yang tak sedikit. Atasi keterbatasan dana dengan menerapkan sistem pre-order. Dengan sistem ini, kaos atau busana hanya akan diproduksi setelah ada pemesanan. Untuk memangkas biaya produksi, kamu juga bisa membatasi minimal jumlah pesanan untuk bisa masuk produksi.

4. Menjual Aneka Kue Kering

Jika kamu mempunyai hobi membuat kue, kembangkan hobimu sebagai salah satu sumber penghasilan. Untuk memulai usaha ini, tidak perlu modal besar. Sebagai permulaan kamu bisa membuat satu atau dua toples aneka kue kering untuk ditawarkan pada teman, tetangga, atau orang sekitar.

Pemilihan kue kering dapat disesuaikan dengan selera dan kemampuanmu. Sekalipun kue yang ditawarkan sudah umum, namun kamu bisa ciptakan tampilan dan variasi rasa yang menarik dan memiliki ciri khas agar tak kalah saing di pasar.

Tips Usaha Jangka Panjang Dengan Modal Kecil

1. Pintar Mengelola Uang

Dalam berbisnis terkadang mengalami khawatir akan keuangan, terlebih pada bisnis modal kecil. Karena itu, kemampuan mengelola uang harus dikuasai atau setidaknya terus dipelajari. Meski usaha diawali secara kecil-kecilan, pastikan tetap luangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis. Sebaiknya, hindari mencampur uang pribadi dan uang usaha.

2. Fokus

Sikap fokus adalah salah satu kunci berbisnis untuk pemula. Kita perlu mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut. Bagi karyawan, bukan berarti kamu tak bisa membuka bisnis sebagai usaha sampingan. Jika kamu mampu memisahkan urusan kantor dan bisnis, serta tak setengah hati dalam menjalani bisnis, menjalani usaha sebagai pekerjaan sambilan tetap bisa dilakukan.

3. Tak Berhenti Berinovasi dan Tahu Tren

Untuk terus mengikuti keperluan dan minat pasar, menyarankan para pengusaha untuk tak berhenti berinovasi. Sangat penting melakukan pembaruan produk atau jasa agar pelanggan tak beralih ke yang lain. Karena itu, mau tak mau, sebagai pengusaha kamu harus mengetahui tren yang ada. Bukan berarti harus selalu terbawa arus tren, melainkan melakukan inovasi yang tak ketinggalan jaman dan sesuai kebutuhan pelanggan.

4. Gigih dan Menyukai Sesuatu yang Dikerjakan

Kesuksesan tentu tak akan diraih tanpa kegigihan. Bukan sekali dua kali ia mengalami penolakan saat menjalani usahanya. Tetapi, hal itu tak membuatnya menyerah dan berhenti. Hal itu bisa ia lakukan lantaran ia menyukai apa yang ia kerjakan. Ia bisa total dan bekerja keras tanpa perasaan terpaksa. Menjadi pengusaha bukan hanya soal materi, tapi juga bentuk pencapaian yang layak diraih.

5. Jangan Larut Dalam Kegagalan

Dalam berbisnis, bukan hanya modal materi yang diperlukan, tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha. Salah satunya adalah tak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan. jIka kita terlarut dalam kegagalan, energi yang kita miliki akan terkuras untuk hal-hal negatif, sehingga sulit untuk bangkit kembali. Setiap pengusaha besar pasti telah melewati berbagai kesulitan dan memilih tidak menyerah.

Nah itulah beberapa rekomendasi usaha jangka panjang dengan modal kecil yang bisa kamu pilih. Selain itu kamu bisa menciptakan ide yang lain dengan cara yang sudah ada di atas. Memulai bisnis yang tepat adalah memilih bisnis yang memiliki prospek baik dan akan selalu di butuhkan dalam lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.