Usaha Kreatif Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Usaha kreatif rumahan modal kecil. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, manusia memerlukan inspirasi untuk bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Salah satu cara agar menjadi orang yang bermanfaat yaitu dengan cara menjadi pebisnis atau pengusaha.

Sebagai pengusaha, kamu harus bisa menyesuaikan bisnis dengan perkembangan masyarakat. Bertujuan supaya bisnis tetap berlaku dan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Berikut ini usaha kreatif rumahan modal kecil.

Ide Usaha Kreatif Modal Minim

1. Camilan Unik

Camilan seperti keripik kaca dan makaroni pedas sedang banyak digemari oleh banyak masyarakat. Kamu bisa mulai berbisnis dengan menjual camilan ini. Kamu juga bisa berinovasi dengan memodifikasi camilan yang sudah ada sebelumnya. Bisnis camilan unik seperti ini juga bisa dikatakan usaha kreatif rumahan modal kecil.

2. Kerajinan Rotan

Rotan adalah bahan baku yang bisa dibentuk menjadi berbagai macam hal. Jika kamu memiliki kreativitas tinggi, ubahlah rotan menjadi sesuatu yang berguna seperti wadah buah atau tempat tisu. Buatlah bentuk baru seperti karakter kartun atau semacamnya untuk menarik para pembeli.

3. Produk Daur Ulang

Barang bekas yang ada di rumah kamu bisa dibentuk menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang tinggi. Misalnya koran atau majalah bekas yang bisa diubah menjadi benda yang lebih bermanfaat. Contohnya menjadi lampu dan keranjang.

Bisnis ini juga bisa menjadi peluang usaha rumahan ibu rumah tangga, karena bisnis produk daur ulang ini memiliki waktu pengerjaan yang fleksibel.

4. Jual Barang Antik

Beberapa barang antik memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan menjadi incaran para kolektor. Jadikan kesempatan ini untuk mengumpulkan barang-barang antik lalu menjualnya kembali. Agar transaksi lebih mudah dan aman, kamu bisa memakai rekber atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau Shopee.

5. Desain Uang Mahar

Mahar berupa uang masih menjadi kegemaran masyarakat muslim di Indonesia. Uang yang dipakai untuk mahar biasanya dibentuk dan dihias sedemikian rupa. Gunakan kreativitas kamu untuk membuka jasa desain uang mahar.

Tawarkan jasa pada keluarga atau teman kerja yang akan menikah. Kamu juga bisa bermitra dengan para pemilik wedding organizer untuk mendesain uang mahar klien mereka. Untuk memudahkan kamu berjualan uang mahar secara online, jika menggunakan WhatsApp, kamu bisa gunakan BukuWarung Link WhatsApp.

Fungsinya akan mengubah nomor kamu menjadi sebuah link, jadi nanti pembeli kamu tidak perlu lagi mengetik nomor WhatsApp, tinggal klik link saja.

6. Kursus Musik Privat

JIka kamu memiliki keahlian untuk memainkan alat musik Cobalah untuk membuka kursus musik secara privat. Contoh kursus musik yang banyak diminati masyarakat yaitu piano, gitar, dan biola. Kamu akan mendapatkan bayaran untuk setiap pertemuan.

7. Sewa Kostum

Masyarakat Indonesia memiliki banyak perayaan seperti pesta pernikahan, peringatan hari Kartini, dan hari pahlawan. Setiap perayaan itu dibutuhkan kostum. Membuka bisnis persewaan kostum bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.

usaha ini bisa untuk kamu coba.

8. Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan

Ide bisnis mendengarkan curhat mungkin terdengar konyol. Namun bisnis ini nyata dan bisa kamu coba. Target pasar jasa ini yaitu mereka yang sedang dalam masalah namun tak memiliki teman untuk berbagi cerita.

Bisnis ini sangat mudah kamu lakukan, dan bisnis ini bisa jadi peluang usaha tanpa modal, intinya kamu hanya perlu menjadi pendengar yang baik dan pemberi saran yang baik jika diperlukan.

9. Desainer Pakaian

Kamu tak harus bekerja di butik atau membuka butik sendiri untuk menjadi seorang desainer pakaian. Sekarang ada banyak situs freelancer yang membutuhkan jasa desainer. Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil karya kamu di berbagai website.

10. Membuka Clothing Line

Bisnis clothing line sangat dekat dengan anak muda. Belakangan ini banyak sekali brand clothing line lokal bermunculan. Kualitasnya pun tak kalah dengan brand luar negeri. Untuk memasarkan produk, kamu bisa gunakan website ataupun sosial media.

11. Desain Grafis

Ide usaha kreatif berikutnya ialah jasa desain grafis. Saat ini, perusahaan mulai gencar melakukan online martketing. Kebutuhan akan jasa desain grafis pun meningkat. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mulai berbisnis.

12. Animator

Selain desain grafis, animasi pun banyak dilirik oleh perusahaan besar untuk keperluan branding. Manfaatkan keahlian kamu dalam menciptakan animasi untuk menghasilkan uang. Seorang animator bisa mendapatkan bayaran jutaan untuk video berdurasi pendek.

Untuk mendapatkan klien, kamu bisa gunakan situs seperti sribulancer, Projects.co.id maupun situs atau forum freelance lainnya.

13. Usaha Es Krim dari Kulit Pisang

Selama ini orang-orang membuang kulit pisang karena diangap tak berguna lagi. Padahal kulit pisang dapat diolah menjadi es krim yang lezat. Kamu bisa menghasilkan keuntungan yang besar dengan berbisnis makanan unik ini.

14. Case Handphone Custom

Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone, kebutuhan case pun meningkat. Case menjadi lapisan pelindung untuk menghindarkan handphone dari goresan. Kamu bisa tawarkan jasa membuat case handphone sesuai dengan desain yang mereka inginkan. Untuk memasarkannya kamu bisa gunakan marketplace atau sosial media seperti Instagram.

15. Dekorasi Interior

Keindahan ruangan menjadi hal yang dibutuhkan oleh beberapa masyarakat. Sayangnya tak semua orang bisa mendekorasi ruangan. Manfaatkan keahlian dan kreativitas kamu untuk membuka jasa dekorasi interior.

Itulah beberapa usaha kreatif rumahan modal kecil yang bisa kalian coba di rumah. Jika kamu mau berusaha dan bertekad maka semua itu mudah untuk kamu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.